Note ini aku posting karena tadi disalah satu grup ada yang tanya ke aku " Kalo ada yg tanya dimana Allah anda jawab apa?" .. silahkan dibaca sampe habisss yaaa.. ^_^
Risalah kecil ini saya buat mengingat beberapa hari yang lalu ada anak salah seorang kakak saya bertanya kepada kakaknya: "Kak Ridha, Allah itu dimana?" Lalu si kakak yang masih berumur 6 tahun ini menjawab: Allah itu ghaib sayaaang, gak bisa ditanya dimana tempat-Nya." Sungguh bijak jawaban kakak ini, lebih bijak daripada orang-orang dewasa yang mengatakan Allah di atas langit. Allah bisa dijumpai dengan pesawat jet yang canggih. Laa haulun wala quwwatun illa Billah.
Saya kira bukan adik kakak ini saja yang sering menanyakan Allah kepada ibunya, tetapi anak2 Sodara-sodara juga pasti melakukan hal yang serupa, begitu pula dengan anak saya nanti. Kira-kira apa yah yang akan kita jawab ketika anak kita bertanya; "Dimana Allah?"
Saya kira ini sangat penting, mengingat pendidikan anak mesti kita lakukan sejak dini, terlebih pendidikan tentang Allah. Subhanallah, alangkah bahagianya kita jika tidak hanya ilmu membaca alquran saja yang kita tanamkan kepada anak-anak sejak dini, tetapi ilmu tentang Allah jauh lebih penting, agar kelak anak-anak kita bukan hanya menjadi seorang hamba yang qur'ani tetapi juga mejadi seorang insan yang robbani.
وَلَكِنْ كُونُوا رَبَّانِيِّينَ َ
"Tetapi jadilah hamba yang mengenal Tuhan…" (Al-Baqarah: 79)
Bahagianya kita jika sedari kecil anak-anak kita tidak diajarkan pemahaman yang rosak dan aqidah yang menyimpang tentang Allah. Kata Kak Ulfah: "Kalau kita kenalkan Allah sampai Allah dicintai dan ditakuti anak2 akan aman, tdk berani buat jahat sedang sendiri ataupun ramai...krn cinta dan takutkan Allah kunci segala kebaikan..^^."
Jangan seperti saya kecil dulu, saya kira Allah tempatnya di langit, Allah itu seperti Superman, kalau hujan turun saya kira Allah lagi mandi, kalau ada guntur saya kira Allah sedang geser kursi dan sebagainya. Jadi kalau mau buat jahat, pasti Allah gak akan tahu karena Allah sama kaya' kita. Wal 'iyadzubillah min hadzal fahm. Makanya sekecil apapun kita hindarkan dari Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi segala bentuk dan penyerupaan(tasybih). Jadilah seperti Ridha di atas, seorang gadis enam tahun yang bijak, yang aku yakin bukan hasil didikan biasa yang juga dari orang biasa, tapi ini adalah hasil tarbiyah dari dua orang tua yang luar biasa.
Untuk memudahkan kita-kita yang awam, maka saya format artikel ini dalam bentuk dialog. Simak dialog antara ibu dengan anak di bawah ini::
Anak: "Ma, Allah itu dimana ci?"
Ibu: "Allah tidak bisa ditanya dengan "dimana" sayaaang, karena Allah tidak bertempat. Bahkan Allah sudah ada sebelum tempat diadakan.
Anak: "Yang ngadakan tempat ciapa Ma?
Ibu: "Allah dong sayaaang."
Anak: "Tapi tadi pagi, adek waktu maulid di cekolah dengal Pak Ustad celita kalau dulu ada calah ceolang cahabat Nabi Muhammad yang punya budak Mah, budaknya ini diculuh jaga kambing, eh tak taunya kambingnya dimakan cama cligala. Padahal cahabat itu udah belcumpah akan menjadikan kambing itu cebagai hadiah untuk Nabi. Telus cahabat itu malah2 (red:marah2) Ma, budaknya didamplat.(red: damprat)"
Ibu: "Terus?"
Anak: "Ci Cahabat itu kecal bangat Mah,. Telus dia mau menjadikan budaknya itu caja cebagai penebus buat kafalat (red:kafarat) cumpahnya yang gak jadi dilakcanakan gala2 kambingnya uda dimakan cligala."
Ibu: "Terus-terus?" *si ibu penasaran*
Anak: "Ci budak akhilnya mendatangi Nabi Muhammad dan ngelapol, kalau dia ingin menebus cumpah na."
Ibu: "Terus Nabi Muhammad bilang apa?"
Anak: "Nabi Muhammad nyuluh manggil budaknya itu. Pas uda datang, Nabi nanyain budak itu Ma."
Ibu: "Nabi nanya apa Dek?"
Anak: "Nabi nanya: "Dimana Allah?" Telus budak itu menjawab: "Di langit"."
Ibu: "Terus budak itu dibebasin?"
Anak: " Iya Mah, budak itu dibebacin cama Nabi gala2 bilang Allah di langit.
Ibu: "Adek sayaaang, dalam agama kita, syarat budak dibebaskan untuk menebus sumpah adalah budaknya harus budak yang mukmin, maksud mamah budak yang beriman, gak boleh budak yang kafir. Jadi Nabi bukan ingin menanyakan tempatnya Allah dimana, tapi ingin mengetest iman si budak tersebut, apakah dia beriman atau tidak."
Anak: "Tapi kenapa nanyanya pakai "dimana Allah" Mah?"
Ibu: "Karena Rasulullah ingin mengetest iman si budak, apakah si budak meyakini Tuhannya adalah Tuhan yang ada di langit; Tuhan yang selalu orang-orang Islam panjatkan doa kepada-Nya itu, atau tuhan yang ada di bumi; tuhan-tuhannya orang-orang musyrik. Kalau tuh budak jawabnya; di bumi, habislah perkara, bukan mukminlah dia, tak jadi bebaslah dia. Tapi kalau ntuh budak jawabnya di langit, selamatlah tuh budak, maka bebaslah dia"
Anak: "Owh jadi ditanya "dimana", hanya cebagai paladokci (red: paradoksi) aja ya Ma? *Duh nih bocah celat-celat tau pula' dia komparatif*
Ibu: "Kamu pinter sayang, betul sekali. Agar si budak hanya tinggal menjawab apakah yang di bumi atau yang di langit. Tapi maksud Nabi bukan mau menanyakan tempat, namun ada yang lebih penting dari itu; yaitu Tuhan kamu Allah apa berhala? Begitu sayang."
Anak: "Mama ngalang (red: ngarang) ah."
*Gubraaaaaaaaaaaaak ^%$%%(^%$%#*
Ibu: "Bukan ngarang sayaaang, itu yang diajarin Papa. Lihat dong buktinya; terakhir di akhir dialog, Nabi tanya dirinya siapa kan sama budak itu?"
Anak: "Eh iya Mah betul, adek lupa, telakhil Nabi bilang cama budak itu: Aku ini ciapa? Telus budak itu jawab: Engkau adalah utusan Allah."
Ibu: "Naaaaaah, itu dia, itukan bukti bahwa sebenarnya Nabi ingin menanyakan syahadat si budak itu, bukan nanyakan tempat Allah dimana dengan sebenar-benar tempat. Sekarang mama tanya sama adek, pasangan dua kalimat syahadat: Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah apa?"
Anak: "Asyhadu an Laa ilaha illAllah"
Ibu: "Nah itulah dia bukti iman, yang menjadi syarat seseorang itu beriman apa tidak, bukan tempat Allah ada dimana. Tahu tempat Allah dimana; bukan syarat iman Dek. Adek kalau mau tahu seseorang itu beriman apa tidak, adek mesti tanya siapa Tuhannya dan siapa Rasulnya? Bukan tanya dimana tempat Tuhannya.
Anak: "Hmmm, tapi adek belum puas. Kila-kila, mamah punya bukti laen gak untuk menguatkan pelkataan mamah." *Nih bocah mirip ane waktu kecil banget Gan, kritis bangat*
Ibu: "Owh tentu. Bentar yah mama buka kitab dulu. Nah ini dia:
Hadits-hadits ini sama seperti hadits yang adek ceritakan, cuman berbeda jalur periwayatan dan redaksi saja, tapi maksudnya sama, menceritakan budak yang menjaga kambing itu:
عن ابن جريج قال: أخبرنى عطاء أن رجلا كانت له جارية فى غنم ترعاها وكانت شاة صفى- يعنى غزيرة فى غنمه تلك- فأراد أن يعطيها نبى الله صلى الله عليه وسلم فجاء السبع فانتزع ضرعها فغضب الرجل فصك وجه جاريته فجاء نبى الله صلى الله عليه وسلم فذكر ذلك له وذكر أنها كانت عليه رقبة مؤمنة وافية قد هم أن يجعلها إياها حين صكها، فقال له النبى صلى الله عليه وسلم: إئتنى بها! فسألها النبى صلى الله عليه وسلم: أتشهدين أن لا إله إلا الله؟ قالت: نعم. وأن محمدا عبد الله ورسوله؟ قالت: نعم. وأن الموت والبعث حق؟ قالت: نعم. وأن الجنة والنار حق؟ قالت: نعم. فلما فرغ، قال: اعتق أو أمسك!
Dari Ibnu Juraij, ia berkata: Aku dikhabarkan oleh `Atha`, bahwasanya seorang laki-laki memiliki seorang budak perempuan yang dipekerjakannya untuk mengembalakan kambingnya dan kambing-kambing ini merupakan kambing pilihan – yakni dari kambingnya yang banyak itu-. Kemudian ia bermaksud memberikannya (kambing tersebut) kepada Nabi Saw.. Lalu tibalah binatang buas dan menerkam kambingnya. Si laki-laki kemudian marah dan menampar wajah budak perempuan. Si lak-laki lantas mendatangi Nabi Saw. dan menyebutkan semua yang terjadi kepada Nabi Saw.. Ia juga menyebutkan bahwa ia mesti membebaskan seorang budak yang beriman sebagai kafarah dan ia bermaksud untuk menjadikan budak ini sebagai budak yang dibebaskannya ketika ia menamparnya itu. Maka Rasul Saw. berkata kepadanya: “Datangkanlah ia kepadaku!”. Rasul Saw. kemudian menanyainya (budak wanita): “Apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah?” Ia menjawab: “Iya”. Dan “bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah?” Ia menjawab: “Iya”. Dan “kematian serta kebangkitan adalah sesuatu yang haq?” Ia menjawab: “Iya”. Dan “surga dan neraka dalah haq?” Ia menjawab: “Iya”. Ketika selesai dialog tersebut, Rasul Saw. mengatakan: “Bebaskanlah ia atau tetap bersamamu!” (Hadits riwayat Mushannaf Abdur Razzaq)
Terus mamah masih punya hadits satu lagi, yang ini riwayat Imam Malik:
وَحَدَّثَنِى مَالِكٌ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ رَجُلاً مِنَ الأَنْصَارِ جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِجَارِيَةٍ لَهُ سَوْدَاءَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ عَلَىَّ رَقَبَةً مُؤْمِنَةً فَإِنْ كُنْتَ تَرَاهَا مُؤْمِنَةً أُعْتِقُهَا. فَقَالَ لَهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- «أَتَشْهَدِينَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ؟ ». قَالَتْ: نَعَمْ. قَالَ « أَتَشْهَدِينَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. قَالَ « أَتُوقِنِينَ بِالْبَعْثِ بَعْدَ الْمَوْتِ؟ ». قَالَتْ: نَعَمْ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَعْتِقْهَا ».
Disampaikan kepadaku oleh Imam Malik: dari Syihab dari `Ubaidillah Bin Abdullah Bin `Uthbah Bin Mas`ud bahwasanya seorang laki-laki dari kalangan Anshar mendatangi Rasul Saw. ia memiliki seorang budak wanita berkulit hitam dan berkata: Wahai Rasul Saw. sesungguhnya saya mesti membebaskan seorang budak beriman, jikalau engkau melihatnya beriman, maka bebaskanlah ia. Maka Rasul Saw. berkata kepadanya (budak wanita) “Apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah?” Ia menjawab: “Iya”. Dan “apakah engkau bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah?” ia menjawab: “Iya”. Dan “apakah engkau meyakini adanya kebangkitan setelah kematian?! Ia menjawab: “Iya”. Rasul Saw. kemudian mengatakan : “bebaskanlah ia”
Raghda', Syaima', Ghaida'
Anak: "Hiufth panjang bangat Mah.Oleng pala adek baca na"
Ibu: "Yeee, kan adek tadi yang minta dalil. Ckckckck. Nah jadi riwayat yang adek ceritakan tadi harus kita gabungkan dengan riwayat yang ada sama mamah. Setelah kita gabungkan, baru kita ambil kesimpulan. Adeeek, baca hadits itu gak boleh separoh-separoh, gak boleh satu rriwayat saja, tapi harus membaca dan menggabungkan semua riwayat yang berkenaan, agar kita gak salah dan sepihak dalam menyimpulkan. Begitu papah adek bilang.
Adek: "Owh…ai ci.. ai ci… (red:i see.. i see)"
-T A M A T-
Nah begitulah Sodara-sodaraku yang budiman, artikel ini sengaja saya buat dalam bentuk tanya jawab agar lebih mudah dipahami bagi yang awam. Lalu sebenarnya bagaimana bunyi redaksi hadits yang diceritakan oleh si Adek yang bersumber dari ustadnya tadi. Berikut saya cantumkan:
حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَتَقَارَبَا فِي لَفْظِ الْحَدِيثِ قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ حَجَّاجٍ الصَّوَّافِ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ هِلَالِ بْنِ أَبِي مَيْمُونَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ الْحَكَمِ السُّلَمِيِّ قَالَ
بَيْنَا أَنَا أُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ عَطَسَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ فَقُلْتُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَرَمَانِي الْقَوْمُ بِأَبْصَارِهِمْ فَقُلْتُ وَا ثُكْلَ أُمِّيَاهْ مَا شَأْنُكُمْ تَنْظُرُونَ إِلَيَّ فَجَعَلُوا يَضْرِبُونَ بِأَيْدِيهِمْ عَلَى أَفْخَاذِهِمْ فَلَمَّا رَأَيْتُهُمْ يُصَمِّتُونَنِي لَكِنِّي سَكَتُّ فَلَمَّا صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَبِأَبِي هُوَ وَأُمِّي مَا رَأَيْتُ مُعَلِّمًا قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ أَحْسَنَ تَعْلِيمًا مِنْهُ فَوَاللَّهِ مَا كَهَرَنِي وَلَا ضَرَبَنِي وَلَا شَتَمَنِي قَالَ إِنَّ هَذِهِ الصَّلَاةَ لَا يَصْلُحُ فِيهَا شَيْءٌ مِنْ كَلَامِ النَّاسِ إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ أَوْ كَمَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي حَدِيثُ عَهْدٍ بِجَاهِلِيَّةٍ وَقَدْ جَاءَ اللَّهُ بِالْإِسْلَامِ وَإِنَّ مِنَّا رِجَالًا يَأْتُونَ الْكُهَّانَ قَالَ فَلَا تَأْتِهِمْ قَالَ وَمِنَّا رِجَالٌ يَتَطَيَّرُونَ قَالَ ذَاكَ شَيْءٌ يَجِدُونَهُ فِي صُدُورِهِمْ فَلَا يَصُدَّنَّهُمْ قَالَ ابْنُ الصَّبَّاحِ فَلَا يَصُدَّنَّكُمْ قَالَ قُلْتُ وَمِنَّا رِجَالٌ يَخُطُّونَ قَالَ كَانَ نَبِيٌّ مِنْ الْأَنْبِيَاءِ يَخُطُّ فَمَنْ وَافَقَ خَطَّهُ فَذَاكَ قَالَ وَكَانَتْ لِي جَارِيَةٌ تَرْعَىغَنَمًا لِي قِبَلَ أُحُدٍ وَالْجَوَّانِيَّةِ فَاطَّلَعْتُ ذَاتَ يَوْمٍ فَإِذَا الذِّيبُ قَدْ ذَهَبَ بِشَاةٍ مِنْ غَنَمِهَا وَأَنَا رَجُلٌ مِنْ بَنِي آدَمَ آسَفُ كَمَا يَأْسَفُونَ لَكِنِّي صَكَكْتُهَا صَكَّةً فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَظَّمَ ذَلِكَ عَلَيَّ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا أُعْتِقُهَا قَالَ ائْتِنِي بِهَا فَأَتَيْتُهُ بِهَا فَقَالَ لَهَا أَيْنَ اللَّهُ قَالَتْ فِي السَّمَاءِ قَالَ مَنْ أَنَا قَالَتْ أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ قَالَ أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ
Diriwayatkan dari Atho' bin Yassar dari Mu`awiyah Bin Hakam Al Sulamiy: Ketika saya shalat bersama Rasulullah Saw. ada seorang laki-laki yang bersin, lantas saya mendo`akannya dengan mengucapkan yarhamukaLlah. Semua orang yang shalat lantas melihat kepadaku dan aku menjawab: “Celaka kedua orangtua kalian beranak kalian, ada apa kalian melihatku seperti itu?!” Kemudian mereka memukulkan tangan mereka ke paha-paha mereka. Aku tahu mereka memintaku untuk diam, maka akupun diam. Ketika telah selesai Rasul Saw. menunaikan shalat, demi ayah dan ibuku, aku tidak pernah melihat sebelum dan sesudahnya seorang guru yang lebih baik cara mendidiknya daripada Rasul saw.. Demi Allah, beliau tidak menjatuhkanku, tidak memukulku, dan juga tidak mencelaku. Beliau hanya berkata: “Sesungguhnya shalat ini tidak boleh ada perkataan manusia di dalamnya. Di dalam shalat hanyalah terdiri dari tasbih, takbir dan bacaan al Qur`an.” Atau sebagaimana yang dikatakan oleh Rasul saw.. Aku kemudian menjawab: “Wahai Rasul Saw. sesungguhnya aku adalah seorang yang baru saja berada di dalam kejahiliyahan kemudian datang islam. Dan sesungguhnya diantara kami masih ada yang mendatangi para dukun. Beliau berkata: “Jangan datangi mereka!” Aku kemudian menjelaskan bahwa diantara kami masih ada yang melakukan tathayyur (percaya terhadap kesialan dan bersikap pesimistis). Beliau mengatakan: “Itu hanyalah sesuatu yang mereka rasakan di dalam diri mereka, maka janganlah sampai membuat mereka berpaling (Kata Ibnu Shabbah: maka janganlah membuat kalian berpaling). Kemudian ia melanjutkan penjelasan: Aku berkata: dan sesungguhnya diantara kami ada yang menulis dengan tangan mereka. Rasul Saw. berkata: dari kalangan Nabi juga ada yang menulis (khat) dengan tangan, barangsiapa yang sesuai apa yang mereka tulis, maka beruntunglah ia. Dia kemudian berkata: saya memiliki seorang budak perempuan yang mengembalakan kambing di sekitar bukit Uhud dan Jawwaniyyah. Pada suatu hari aku memperhatikan ia mengembala, ketika itu seekor srigala telah memangsa seekor kambing. Aku adalah seorang anak manusia juga. Aku bersalah sebagaimana yang lain. Kemudian aku menamparnya (budak wanita) dengan sekali tamparan. Maka kemudian aku mendatangi Rasul Saw.. Rasul Saw. menganggap itu adalah suatu hal yang besar bagiku. Akupun berkata: “Apakah aku mesti membebaskannya?” Rasul Saw. menjawab: “Datangkanlah ia kesini!”. Kemudian akupun mendatangkan budak wanita tersebut ke hadapan Rasul Saw.. Rasul Saw. kemudian bertanya: “Dimanakah Allah?”, maka ia (budak wanita) menjawab: “Di langit”, Rasul Saw. bertanya lagi: “Siapa aku?”, maka ia menjawab: “Anda Rasul Allah”. Lalu Rasul Saw. bersabda: “Bebaskanlah ia karena ia adalah seorang yang beriman” (HR. Muslim)
Hehe panjang bukan?! Awas oleng bacanya kaya' si adek.
Hadits ini riwayat Muslim, walaupun dia kuat secara sanad tetapi lemah secara matan. Karena hadits ini adalah hadits idhtirob, yaitu hadits yang berbenturan redaksinya terhadap redaksi hadits dari jalur periwayatan yang lain. Coba lihat hadits Muslim ini yang menggunakan redaksi: "Dimana Allah" dan bandingkan dengan dua hadits lain di atasnya yang menggunakan redaksi "Apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah?"
Secara konteks, jelas pertanyaan: "Apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah?" lebih tepat daripada pertanyaan "Dimana Allah" dalam membuktikan iman seorang hamba. Artinya apa? Ada kemungkinan besar terjadi perubahan lafal oleh salah satu perawi dalam hadits Muslim. Sebagaimana telah masyhur bahwa Imam Muslim juga terkadang meriwayatkan hadits dengan makna dan bukan dengan teks
Dan jika ditimbang dengan ushul-ushul aqidah kita Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang disimpulkan dari Alquran dan Sunnah, sangat mustahil Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menanyakan tempat Allah dimana, sebab Rasulullah adalah orang yang faham betul bahwa laisa kamitslihi syai'un itu berlazimkan Allah tiada bertempat sebagaimana makhluk bertempat.
Toh kalaupun memang benar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bertanya seperti itu, bukan berarti Rasulullah ingin mengetahui tempat Allah sebagaimana yang sudah dijelaskan si ibu di atas tadi, tetapi hanya ingin menguji iman budak tersebut, apakah menyembah Allah atau menyembah berhala.
Lalu kenapa Imam Muslim dengan pedenya menuliskan dalam shohihnya dengan redaksi "dimana Allah"? Apa beliau gak takut dibilang menyamakan Allah dengan makhluk?!
Jawabnya karena Imam Muslim adalah seorang salaf, salaf itu fitrahnya lurus, hatinya bersih, lughahnya fashih, akalnya baligh dan bashirohnya jernih. Ketika mereka mendengar Allah 'di langit', 'tangan' Allah, 'wajah' Allah, 'bayangan' Allah dan sebagainya sebagaimana yang terdapat di dalam nash-nash alquran dan sunnah, mereka tidak memaknakannya secara zhohir, tetapi mereka memaknakannya sesuai dengan yang diridhoi Allah dan yang layak bagi Allah. Inilah yang menyebabkan mereka diam dan tidak banyak komen, karena mereka semua masing-masing sudah tahu bagaimana seharusnya bermua'ammalat terhadap nash-nash mutasyabihat; cukup mengimani saja, yakini datangnya dari Allah, tak perlu ditafsir2kan.
يَقُولُونَ آَمَنَّا بِهِ
"…mereka berkata kami beriman dengan ayat-ayat mutasyabihat…" (Ali Imran:7)
Jadi tidak norak sebagaimana yang terjadi pada sekelompok kaum muslimin saat ini dimana mereka begitu menggembor-gemborkan ayat-ayat mutasyabihat. Sampai-sampai mau masuk kuliahpun ujian seleksinya yang ditanyanya adalah: "dimana Allah?". Mau dapat beasiswa juga ditanyanya "dimana Allah?" ampe2 mau ngelamar anaknye nanti juga takutnya ntar ditestnya: "dimana Allah?"
Harooom…haroooom…harooom ya Akhi…
Kalimat tanya "dimana Allah?" ini tidak dimasyru'kan dalam syariat. Ini adalah bid'ah terbesar yang pernah ada dimuka bumi.
وكل بدعة ضلالة ، وكل ضلالة في النار
"Setiap yang bid'ah adalah sesat dan setiap yang sesat di neraka" (HR Muslim)
Jangan tergelincir dengan zhohir teks hadits budak riwayat Muslim di atas. Para ulama dan ustadz sudah memberikan tabayunnya. Bukalah mata kepala kita, buka mata hati kita. Jangan baca satu riwayat saja, jangan baca satu pendapat saja, jangan ikut satu kelompok saja!
Syaikh Abdushomad Al-Falembangi, Syaikh Arsyad Al-Banjari, Syaikh Abd. Wahab Bugis, & Syaikh Abdurrahman Mashri
Kita bukan salaf, tapi hanya bisa mencontoh apa yang mereka perbuat. Namun amal ibadah kita tak akan mampu mengimbangi amal ibadah salaf. Hasil mujahadah kita tak akan mampu menyamai hasil mujahadah salaf. Begitu pula pemahaman kita terhadap nash-nash alquran tidak akan mampu menyamai pemahaman mereka terhadap nash-nash alquran. Kita hanya mampu membaca alquran sampai kerongkongan saja, sementara mereka sampai kepada hati yang terdalam. Kita memahami 'wajah' Allah hanya sebatas wajah saja, sementara mereka memahami wajah Allah bukan hanya wajah itu, tapi lebih daripada itu, wajah dalam artian sesuatu yang tak terdefinisikan lagi dan tak terungkapkan, maka mereka banyak yang diam, gak banyak komplain dan berkata kepada orang: "Serahkan saja kepada Allah maknanya" seolah-olah mereka ingin mengatakan hanya Allah yang mampu mengungkapkan maknanya sebab itu 'kata-kata' Allah.
كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا
"…semuanya itu adalah dari Tuhan kita" (Ali Imran:7)
Kita hanya mampu imroruha kama ja'at (melewatinya sebagaimana ia datang), so jangan diapa-apain, jangan ditafsirin, jangan ditakyif, janganditasybih dan juga jangan dita'thil, sebab: tafsiruha qiro'atuha (tafsirnya adalah bacaannya) bukan makna zhohir lughawinya.
Apapun yang terlintas di benak kita, maka kembalikanlah kepada ayat-ayat yang muhkamat. Ayat muhkamatlah sebagai ummul qur'an, tempat kita kembali kepada 'ibu' kita ketika kita menemukan problem dan merasakan kesamaran di dalam ayat-ayat mutasyabihat. Ayat muhkamat tempat kita berpedoman dalam membangun ushul-ushul aqidah kita. Adapun ayat-ayat mutasyabihat hanya untuk menguji kita, cukup imani saja Dan di antara ayat muhkamat itu adalah:
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Tidak serupa dengan-Nya segala sesuatu dan Dia Maha mendengar lagi Maha melihat" (Asy-Syura: 11)
Mafhum dari ayat Asy-Syura di atas adalah Allah tidak sama dengan apapun dalam bentuk apapun,
Maka imamnya ahlul bait Imam Ja'far Shodiq radhiyallahu anhu jauh-jauh hari sudah mengajarkan kepada kita semua suatu rumus agar kelak kita tidak terombang-ambing dalam kebingungan kepikir akan Dzat Allah Subhanahu wa Ta'ala, yaitu rumus:
كل ما خطر ببالك فالله بخلاف ذالك
"Segala apa yang terlintas di benak kamu, maka Allah tidak sama dengan itu"
Wallahu a'lam.
Dari temen di Kairo Mesir :D
Al-faqir ila 'afwi Rabbih
Haris F. Lubis
Saya yakin inti percakapan ibu dan anak ini bagus, tapi saya masyih belum bisya memahaminya --> ilmu saya masyih cetek.
xixixi.. udah ada disini rupanya... :D thanks mbah...
Anita Bidadari
ajiiiibbbb....... ijin kopas mbah zen... :D
Agak bingung dengan yang ini:
Ibu: "Allah tidak bisa ditanya dengan "dimana" sayaaang, karena Allah tidak bertempat. Bahkan Allah sudah ada sebelum tempat diadakan.
Ibu: "Karena Rasulullah ingin mengetest iman si budak, apakah si budak meyakini Tuhannya adalah Tuhan yang ada di langit; Tuhan yang selalu orang-orang Islam panjatkan doa kepada-Nya itu, atau tuhan yang ada di bumi; tuhan-tuhannya orang-orang musyrik. Kalau tuh budak jawabnya; di bumi, habislah perkara, bukan mukminlah dia, tak jadi bebaslah dia. Tapi kalau ntuh budak jawabnya di langit, selamatlah tuh budak, maka bebaslah dia"
@endarto : kata "Dimana" itu menjelaskan keberadaan sesuatu yang terikat dengan ruang dan waktu, anda bisa bilang ia ada disana karena pada waktu ini ia tidak ada disini, begitu juga sebaliknya, jadi jelas hanya makhluk dan benda yang bisa di katakan Dimana, sedang Allah tidak, karena yang menciptakan ruang dan waktu itu sendiri adalah Allah, dan Allah tidak terikat oleh ruang dan waktu.
Wallahu'alam
Sungguh aneh anda wahai penulis,!! anda mengingkari bahwa Allah itu di langit tapi pada dialog yg anda buat sndiri anda katakan "Tuhan itu ada di langit..!!" lihatlah kmbali dialog anda buat ini :
Ibu: "Karena Rasulullah ingin mengetest iman si budak, apakah si budak meyakini Tuhannya adalah Tuhan yang ada di langit; Tuhan yang selalu orang-orang Islam panjatkan doa kepada-Nya itu, atau tuhan yang ada di bumi; tuhan-tuhannya orang-orang musyrik. Kalau tuh budak jawabnya; di bumi, habislah perkara, bukan mukminlah dia, tak jadi bebaslah dia. Tapi kalau ntuh budak jawabnya di langit, selamatlah tuh budak, maka bebaslah dia"
Orang yg masih lurus fitrohnya tentu tak akan mengingkari bahwa Tuhannya ada di langit,, lihatlah bagaimana kita bila brdo'a?? kita tengadahkan tangan ke langit memohon kepada Tuhan yg ada di langit dg maksud agar smua doa-doa kita trkabulkan. apakah anda akan mngingkarinya???
Dan anda kemanakan ayat2 Allah yg mngatakan bahwa Allah ada di langit?? lihatlah QS. Al-Mulk ayat 16-17 brikut:
"Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang?, atau apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku?" (QS. Al-Mulk; 16-17)
Dan jg apakah anda lupa akan peristiwa Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad?? kemanakah Nabi dihadapkan Allah?? bukankah ke langit?? apa anda akan mengingkarinya juga???
Banyak jg riwayat yg mnyebutkan bahwa wahyu itu diturunkan dr langit..??? apa anda akan mngingkarinya..???
Dan satu lagi,, kita sering mndengar bila ada orang yg brtanya pd seorang dokter tntang kondisi kluarganya yg dirawat di rumah sakit, sang dokter brkata "kita pasrahkan semuanya pada yang di atas..." tentu semua orang sdh faham bhwa yg dimaksud adlh Tuhan (Allah)..!! bhkan orang kafir pun akan maklum bhwa yg di atas trsebut adlh Tuhan (Allah)..??
Wallahu'alam...
Assalamualaikum
Bicara tentang ALLAH begitu banyak level yang harus dibicarakan karena ilmu dalam ISLAM ada syariat, tariqat, hakikat, makrifat. Ada dua golongan orang yang berbicara tentang ilmu yang pertama bicara dengan kepahaman ilmunya dan yang kedua bicara dengan keterbatasan ilmunya )Agama adalah untuk orang orang yang berpikir). Dalam Al Quran Allah menjelaskan:
1. Allah bersemayam di atas Arsy (Ar Ra’d:2);
2. Kemanapun kamu menghadap disitu wajah Allah (Al Baqarah:115);
3. Dan Dia bersama kamu di mama saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Hadid : 4);
4. AKU adalah dekat (Al Baqarah:186);
5. AKU lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya (Qaaf:16);
6. DIA Maha Meliputi segala sesuatu (Fushshilat:54);
7. Tidak ada satupun yang menyerupai Dia (Assy Syuura:11);
8. Tidak ada yang setara dengan Dia (Al Ikhlash:4);
9. Kami akan tunjukkan kepada mereka tanda- tanda Kami dalam dunia ini dan dalam diri mereka sendiri,supaya Hakikat itu boleh terzhohir kepada mereka (Al-Fusilat:53).
Dan masih banyak lagi ayat Al Quran dan Hadist tentang ALLAH. Kalau menurut saya yang bodoh “Allah” itu tidak dilangit tidak dimekah yang manakala kita berdoa tangan menengadah ke atas atau apabila kita sembah yang menghadap kabah karena ALLAH tidak bertempat dan ALLAH juga bukan ada dimana-mana tidak pula menyerupai ciptaanNYA, tapi ALLAH adalah yang Maha Meliputi segala sesuatu jagat raya yang wujud dan yang gaib, sekecil apapun diliputi oleh Allah. Atau dengan kata lain Allah itu meliputi seluruh alam, (asma, fiil, sifat dan zat-Nya tajalli meliputi seluruh alam). Dia selalu bersama kita, selalu dekat dengan kita sangat dekat sekali,Allah tidak bisa dicapai otak jenius sekalipun namun hati yang bersihlah yang mampu menggapainya,tidak ada satupun yang menyerupai,dan tidak ada yang setara, lihatlah yang banyak pada yang satu kemudian syukuri nikmatnya karena bila sedikit berpikir langit,matahari,bumi,air,hewan,tumbuhan,dsb utamanya hanya untuk kepentingan manusia supaya kita mengenaliNYA,tugas kita adalah IBADAH memelihara alam dan menjalani hidup dengan Ahklak yang baik yang bagi kita telah ALLAH berikan petunjuknya dalam Al-Quran dan Haadist,sesungguhnya kita semua sama yang membuat beda hanyalah bentuk/wujud yang punya nafsu, kalo masih ada ragu merenunglah sejenak dengan mengesampingkan dulu urusan dunia dari jiwa dan pikiran lalu tanyakan keraguan itu pada diri sendiri karena “Siapa yang kenal dirinya akan Mengenal Allah” dengan begitu pastinya kita juga akan mengetahui Arsy wallahu a’lam bish showaab
Sesuatu yang dibawah ataupun dibawah kita keberadaannya (tempat bersemayam) pastilah kalo tidak bergerak maka diam... maka jika Allah dilangit maka Allah dalam keadaan gerak atau diam???
sesuatu yang dilangit ataupuan yang dibumi pasti dalam keadaan bergerak ataupun diam... maka jika dikatakan Allah ada dilangit, bergerak atau diamkah Allah dilangit????
apa yang tidak dicapai adalah suatu pencapaian...
dan meneliti dzat Allah adalah suatu kemusyrikan...
wallahu a’lam bish showaab
Hendaknya kita berhati-hati dalam permasalahan ini. Karena apabila kita terjatuh dalam kekeliruan bisa menyebabkan kekalnya kita di neraka. Karena barang siapa mengatakan bahwa ALLAH itu ada dimana-mana, berarti dia mengatakan bahwa ALLAH itu banyak, dan ini berarti dia telah kafir keluar dari Islam, karena ALLAH MAHA ESA. Ilmu ALLAH lah yang meliputi segala sesuatu yang di langit dan di bumi, bukan Zat ALLAH. Dan kita beriman tentang sifat-sifat ALLAH sebagaimana yang ALLAH sendiri sifatkan tentang diri-NYA. Berpikir tentang bagaimananya adalah sesat. Apabila dikatakan bahwa ALLAH memiliki tangan, maka kita mengimaninya bahwa ALLAH memiliki tangan. Akan tetapi kita meyakini bahwa tangan ALLAH tidak seperti tangan makhluk, karena ALLAH tidak ada yang menyerupainya sesuatu apapun. Dan bukan berarti kalau tidak ada yang serupa dengan sesutu berarti sesuatu itu tidak ada. Sungguh syaithon banyak menjerumuskan manusia dari sisi ini. Karena syaithon ingin agar banyak manusia yang menemaninya di neraka.
Semoga ALLAH SUBHANAHU WA TA"ALA menyelamatkan kita dari aqidah yang menyimpang. Amin