Konsumsi Kopi Mencegah Kanker Prostat

Posted in Minggu, 15 April 2012
by Mbah Lalar

Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi enam cangkir kopi per hari mengurangi risiko kanker prostat sebesar 20%. Penelitian dilakukan selama 20 tahun dengan melibatkan 50.000 pria. Para peneliti dari Harvard University memeriksa catatan keesehatan, pola makan dan berapa banyak responden mengonsumsi kopi setiap hari.

Hasilnya, pria yang mengonsumsi enam cangkir kopi per hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Meskipun jelas menguntungkan, peneliti dari Universitas Harvard tidak menyarankan bukan peminum kopi untuk mengubah kebiasaan mereka.

Menariknya, para peneliti menyatakan, gaya hidup peminum kopi ini sebenarnya kurang sehat. Mereka biasanya merokok dan kurang berolahraga. Para peneliti tidak dapat menemukan jawaban mengapa gaya hidup tak sehat malahan membuat para peminum kopi ini diemohi oleh kanker prostat.

Para peneliti menduga, antioksidan yang terkandung dalam kopi yang mengurangi risiko kanker prostat. “Jika benar, maka kopi dapat dikembangkan untuk menghambat seseorang menderita kanker prostat,” kata Kathryn Wilson, kepala penelitian.

Namun Helen Rippon, kepala riset Prostate Cancer Charity menggarisbawahi bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut. Terutama jenis biji kopi dan bagaimana kita mengonsumsinya.

Jadi jangan girang dulu buat penenggak kopi kelas berat.