Ketika Kambing dan Sapi Online

Posted in Selasa, 30 Oktober 2012
by Mbah Pesbuk's
JAKARTA – Jelang perayaan hari raya Idul Adha 1433 H, aktivitas jual beli hewan kurban mulai ramai di pasaran.

Namun seiring semakin mudahnya akses internet, aktifitas dagang hewan kurban ini ternyata juga merambah dunia maya. Seperti yang terlihat di situs jual beli Tokobagus.com, ratusan hewan kurban dari sapi hingga kambing dijual secara online.

Salah seorang penjual hewan kurban di Tokobagus.com bernama Parjo dari Cipinang Melayu Jakarta Timur mengaku baru tahun ini menjalakan bisnis jual beli hewa kurban melalui internet. Jumlah yang dijual pun hingga puluhan ekor, ada 40 ekor kambing dan 8 ekor sapi yang dipasarkannya secara online di Tokobagus.com.

Harganya pun bervariasi dari Rp1 juta hingga Rp3 juta untuk kambing, sedangkan untuk sapi ia menjual dari harga Rp9 juta hingga Rp13,6 juta tergantung bobotnya.

"Sejak saya memulai usaha hewan kurban tahun 80-an, dan tahun ini mencoba jualan di internet, hasilnya saya kebanjiran order, apalagi jualan di internet ternyata gratis," ungkap Parjo girang.

Manager Humas Tokobagus.com Ichwan Sitorus menuturkan aktifitas member Tokobagus.com yang berjualan hewan kurban tahun ini di situsnya meningkat dibanding tahun lalu.

"Tahun ini meningkat, ada lebih dari 80 pedagang yang jualan di Tokobagus.com, rata-rata mereka menjual ratusan kambing ataupun sapi dengan kualitas yang memadai. Umumnya member-member pedagang hewan kurban di Tokobagus.com ini berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Barat," jelas Ichwan. (amr)

copas dari okezone, dengan beberapa editan :)