Kolesterol Bermanfa'at Dan Jahat

Posted in Selasa, 01 Mei 2012
by Unknown

Kolesterol Jahat 
Kolesterol tidak semunya dianggap sebagai musuh. Karena ada jenis kolesterol yaitu high density lipoprotein (HDL), suatu jenis kolesterol yang justru sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena berfungsi melancarkan dan membersihkan aliran darah. Sedangkan yang harus kita lawan yaitu low density lipoprotein (LDL), suatu jenis kolesterol jahat yang bisa memblokir dan memicu penyumbatan serta aliran darah menuju otak. Meningkatnya kadar kolesterol jahat terjadi karena adanya peningkatan trigliserida, salah satu lemak yang terkandung dalam darah yang bisa merusak pembuluh arteri.

Tes darah secara berkala dan mengkonsumsi makanan yang tepat dapat dilakukan untuk memerangi kolesterol jahat. Seperti dikutip Huffington Post ada sejumlah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah seperti berikut ini:

Ikan. Mengkonsumsi ikan untuk menggantikan daging dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi daging bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat karena mengandung lemak jenuh. Jenis ikan seperti salmon, sarden, dan tuna kaya asam lemak omega-3, juga baik untuk menurunkan kolesterol yang bisa menurunkan kadar trigliserida.


Oat & Barley. Selain oatmeal, ada juga barley yang kaya akan serat yang mudah dicerna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang diserap dari usus. Efek kenyang pada jenis makanan ini relatif lebih lama yang bisa membantu mempertahankan berat ideal tubuh Anda.


Kacang. Pada tahun 2010, berdasarkan analisis data dari 25 studi tentang konsumsi kacang, hampir semua jenis kacang berperan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Menaburkan kacang di atas makanan seperti oatmeal atau salad harus dibiasakan sejak sekarang.


Apel. Sebuah apel mengandung sekitar 4 gram serat larut untuk ukuran sedang dan membantu menurunkan kolesterol jahat sebesar 17 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk menu harian. Berarti, mengkonsumsi satu apel sehari dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Minyak zaitun. Minyak zaitun tidak hanya membantu untuk memerangi kolesterol jahat, namun kandungan nutrisi dalam minyak zaitun berperan juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.


Stroberi. Kandungan pektin banyak terkandung dalam buah strowberry, pektin adalah sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa diet stroberi untuk kesehatan jantung memiliki hasil sama dengan diet gandum untuk jantung sehat.