Seri Jejak Perjuangan Sunan Ampel 8

Posted in Kamis, 22 September 2011
by Unknown

Keraton Sebagai Pusat Pengembangan Budaya Islam

Sepanjang sejarah kebudayaan di Indonesia, belum pernah ada suatu rentang waktu yang menunjukkan bahwa lembaga-lembaga pendidikan agama seperti asrama, wihara padhepokan, dan pesantren pernah menjadi pusat pengembangan budaya. Data sejarah, selalu menunjukkan bahwa pengembangan budaya di suatu masa selalu berawal dari keraton-keraton. Tak berbeda dengan masa-masa keraton Hindu-buddha, pada masa akhir Majapahit yang ditandai tumbuhnya kekuasaan raja-raja Muslim pun pengembangan budayanya bertolak dari keraton. Dalam naskah Primbon kuno milik Prof. K.H.R. Moh. Adnan, diungkapkan peranan para susuhunan (raja) dalam mengembangkan budaya di tengah masyarakat sebagai berikut:
“Kanjeng Susuhunan ing Ngampel Denta hadamel pranatanipun agami Islam, kanggenipun ing titiyang Jawi// Raja Pandita ing Gresik, amewahi ing polanipun ing sinjang, sinjang batik, kaliyan sinjang lurik, saha hamewahi ing wangunipun ing kakapaning kuda// Kanjeng Susuhunan ing Majagung, hamewahi wangunipun ing olah-olahan, dadaharan utawi ulam-ulaman, kaliyan amewahi parabotipun ing among-tani, utawi andamel garabah, sapanunggalanipun ingkang kagarap ing kunti// Kanjeng Susuhunan ing Gunung Jati, ing Cirebon, amewahi donga akaliyan mantra, hutawi parasat miwah jajampi utawi amewahi dadamelipun tiyang babad wana// Kanjeng Susuhunan ing Giri, adamel pranatanipun ing keraton Jawi, kaliyan amewahi bangsa pepetangan lampahing dinten wulan tahun windu, utawi amewahi lampahing pawukon sapanunggalipun, kaliyan malih amiwiti dameldalan tiyang Jawi// Kanjeng Susuhunan Bonang adamel susuluking ngelmi, kaliyan amewahi ricikanipun ing gangsa, utawi amewahi lagunipun ing gending// Kanjeng Susuhunan Drajat, amewahi wanguning griya, utawi titiyang ingkang karembat ing tiyang, tandu joli sapanunggalanipun// Kanjeng Susuhunan Lepen Jagi, amewahi lagunipun ing gending, kados Susuhunan Bonang wau// Kanjeng Susuhunan Kudus, amewahi dapuripun dadamel, waos duwung sapanunggalanipun, utawi amewahi parabotipun bekakasing pande, kaliyan kemasan, saha adamel angger-anggeripun hingga pangadilan hukum ingkang kenging kalampahan ing tiyang Jawi//”.
Berdasar sumber primbon di atas, jelaslah bahwa Sunan Ampel menetapkan pranata agama (syariat) Islam yang diperuntukkan bagi orang Jawa. Selanjutnya, naskah primbon kuno tersebut mengungkapkan bahwa Sunan Giri dan Sunan Ampel menyusun aturan adat-istiadat dalam keluarga yang meliputi pasal-pasal tentang peminangan; nikah-talak-rujuk; pembentukan keluarga batih dan adat-istiadatnya, termasuk masalah pengasuhan anak, perwalian, pengawasan, pewarisan, hukum jinayah, kisas, kepemimpinan, perbudakan, peperangan, dan masalah bid’ah.
Pelaksanaan hukum Islam yang disusun oleh Sunan Ampel, hanya mungkin diterapkan dalam kehidupan masyarakat oleh pihak keraton yang memiliki otoritas kekuasaan. Itu berarti, Sunan Ampel hanya mungkin menjalankan hukum Islam yang disusunnya itu kepada masyarakat jika ia menduduki jabatan raja. Sebab jika Sunan Ampel diasumsikan sebagai seorang ulama pemimpin pesantren, pasti ia tidak memiliki kewenangan apa pun untuk menjalankan sebuah produk hukum di tengah masyarakat. Sepengetahuan penulis, sepanjang sejarah tidak pernah tercatat adanya sebuah lembaga pendidikan seperti asrama, padhepokan, wihara, dan pesantren yang punya otoritas menjalankan hukum formal bagi masyarakat umum.
Dengan mengacu pada sumber dari primbon tersebut di atas, jelaslah bahwa perubahan sosio-kultural-religius yang terjadi di Jawa pada akhir Majapahit dilakukan keraton-keraton dan kadipaten-kadipaten seperti Surabaya, Giri Kedhaton, Demak, dan Cirebon. Sebab bagi masyarakat hidraulik seperti Jawa yang menganut faham ‘dewaraja’, segala sesuatu yang terkait dengan perubahan dan pengembangan tergantung sepenuhnya pada keberadaan kalangan keraton. Bahkan sampai saat sekarang pun, keraton-keraton tradisional yang tersisa seperti Sumenep, Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, Pakualaman, dan Cirebon tetap dijadikan pusat pengembangan adat istiadat dan budaya setempat.

Sumber tulisan:
Agus Sunyoto, Sunan Ampel Raja Surabaya: Membaca Kembali Dinamika Perjuangan Dakwah Islam di Jawa Abad XIV-XV M., Surabaya: Diantama, 2004.