MENELAN AIR LUDAH SAAT PUASA BOLEHKAH?

Posted in Selasa, 09 Agustus 2011
by Mbah Lalar

Air liur adalah sesuatu yg sangat sulit di hindari, atau bahkan sama sekali gak perlu di hindari untuk di telan, kan milk pribadi? kenapa harus di larang??? Lhaaa emang siapa yg nglarang??? hehehehehe tanya2 sendiri di jawab2 sendiri.

 Eh, tapi itukan kalo wajar2 saja, bagaimana dg ketika berpuasa? kan berpuasa gak boleh makan minum to? nah gimana nieh? tenag aja kawan, asala tidak sengaja di kumpulkan sebanyak2nya di mulut, terus Glekk, iiiiiih jijik aaaaah...........!!!, boleh2 aja kok, coba deh liat di Kitab Fathul Mu,in sebagai berikut:

لا يفطر بريق طاهر صرف أي خالص ابتلعه من معدنه وهو جميع الفم

"Menelan Ludah yg murni dari sumber aslinya, yaitu seluruh ruangan Mulut itu tidak membatalkan Puasa"

 .
Namun jika air ludah tersebut sengaja dikumpulkan dalam mulut sehingga menjadi banyak lalu ditelan, maka ada dua pendapat.

Berikut ta'bir dari Kitab Al Muhadzdzab:

، وإن جمع في فمه ريقا كثيرا وابتلعه ففيه وجهان : أحدهما : يبطل صومه ، لأنه ابتلع ما يمكنه الاحتراز منه مما لا حاجة به إليه ، فأشبه ما إذا قلع ما بين أسنانه وابتلعه . والثاني : لا يبطل لأنه وصل إلى جوفه من معدته فأشبه ما يبتلعه من ريقه على عادته

Jika seseorang (yang berpuasa) mengumpulkan air ludah yang banyak dalam mulutnya lalu menelannya, maka ada dua pendapat:

Pertama: Batal puasanya

Kedua: Tidak batal. 


Berhubung ada dua Ijtihad yg berbeda, yg satu Batal dan yg selainnya tidak Batal, maka saya pilih jalan aman aja deh, hehehehehehe......

Tapi kalo emang Anda mau pilih yg gak membatalkan Puasa, ya silahkan, itu tandanya anda emang hoby main Air Liur........