tasawwuf dalam pandangan syaikh muhammad bin abdul wahhab

Posted in Sabtu, 27 Agustus 2011
by Unknown
 Oleh Anggota WLML

SYEKH MOHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB DAN TASHAWWUF

القسم الثالث من مؤلفات الإمام الشيخ محمد بن عبدالوهاب جزء " فتاوى ورسائل" في الصفحة (31) المسألة الخامسة، سئل رحمه الله عن مسائل مفيدة فأجاب( اعلم ـ أرشدك الله ـ أن الله سبحانه وتعالى بعث محمداً صلى الله عليه وسلم بالهدى الذي هو العلم النافع، ودين الحق الذي هو العمل الصالح).
فإذا كان من ينتسب إلى الدين: منهم من يتعاطى بالعلم والفقه ويقول به كالفقهاء، ومنهم من يتعاطى العبادة وطلب الآخرة كالصوفية، فبعث الله نبيه بهذا الدين الجامع للنوعين " أي الفقه والتصوف". وهكذا يثبت الشيخ محمد عبد الوهاب أن الصوفية سندهم هو رسول الله صلى الله عليه وسلم وإليه ينتسبون

BAGIAN YANG KE TIGA DARI KARANGAN AL IMAM ASSYEKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB JUZ FATAWA WA ROSAIL HALAMAN 31...BELIAU DITANYA MAS'ALAH YANG BERFAIDAH KEMUDIAN BELIAU MENJAWAB :
KETAHUILAH ...MUDAH-MUDAHAN ALLAH MEMBERIMU PETUNJUK- BAHWA ALLAH SWT MENGUTUS NABI MUHAMMAD SAW DENGAN PETUNJUK YAITU ILMU YANG BERMANFA'AT DAN AGAMA YANG BENAR YAITU BER AMAL SHALEH...
MAKA APABILA ADA ORANG BER INTISAB KEPADA AGAMA: DIANTARA MEREKA ADA ORANG YANG BERGELUT DENGAN ILMU DAN AL FIQH SEPERTI AL FUQOHA' DAN DIANTARA MEREKA ADA YANG TEKUN BERIBADAH DAN MENCARI AKHIRAT SEPERTI PARA SHUFI (ASHSHUFIYAH) ...MAKA ALLAH SWT MENGUTUS NABINYA DENGAN AGAMA YANG KOMPLIT TERHADAP DUA MACAM INI YAKNI FIQH DAN TASHAWWUF...
BEGITULAH DENGAN JELAS AL SYEKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB MENYATAKAN BAHWA SANAD /SANDARAN PARA SHUFI ADALAH NABI MUHAMMAD SAW...DAN KEPADANYA LAH MEREKA BERITISAB.


IBNUL QAYYIM AL JAUZIYAH DAN TASHAWWUF :
وهذا هو العلامة ابن القيم من كبار الصوفية كما ذكر الإمام الحافظ بن رجب الحنبلي في الذيل على طبقات الحنابلة (الجزء الثاني صفحة 448) عن ترجمة ابن القيم بقوله : وكان عالماً بعلم السلوك وكلام أهل التصوف وإشاراتهم ودقائقهم له في كل فن من هذه الفنون اليد الطولى
وجاء في كتاب ( مدارج السالكين لابن القيم الجزء الثاني من صفحة 307 ) عن تعريف التصوف ما نصه: الدين كله خلق فمن زاد في الخلق زاد عليه في الدين وكذلك التصوف قال الكتاني: التصوف هو الخلق فمن زاد عليك في الخلق فقد زاد عليك في التصوف

MENURUT AL IMAM AL HAFIDZ IBNU ROJAB AL HANBALI, IMAM IBNUL QAYYIM ADALAH TERMASUK TOKOH SHUFIYAH SEBAGAIMANA YANG IA TUTURKAN DALAM KITAB DZAIL THABAQAT AL HANABILAH JUZ 2 HALAMAN 448 TENTANG BIOGRAFI IBNUL QAYYIM,IA MENGATAKAN :DIA ADALAH ORANG YANG PANDAI ILMU SULUK DAN PEMBAHATSAN AHLI TASHAWWUF,ISYARAT-ISYARAT DAN DETAIL ILMU MEREKA DALAM BIDANG INI DIA ADALAH ORANG YANG PROFESIONAL...
DALAM KITAB MADARIJ ASSALIKIN KARANGAN IBNUL QAYYIM JUZ 2 HAL 307 TENTANG DEFNISI TASHAWWUF ,TEKSNYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT:AGAMA SELURUHNYA ADALAH KHULUQ (BUDI PEKERTI)MAKA BARANGSIAPA YANG BERTAMBAH BUDI PEKERTINYA MAKA BERTAMBAH NILAIN AGAMANYA
BEGITU PULA DENGAN TASHAWWUF ,AL KATTANI BERKATA :TASHWWUF ADALAH BUDI PEKERTI MAKA BARANGSIAPA TAMBAH BUDI PEKERTINYA MAKA TAMBAH PULA TASHAWWUFNYA.

Ternyata eh ternyata Wahabi itu tidak punya pijakan Imam yg jelas??? Lihatlah pernyataan Imam Pendahulunya berikut:

القسم الثالث من مؤلفات الإمام الشيخ محمد بن عبدالوهاب جزء " فتاوى ورسائل" في الصفحة (31) المسألة الخامسة، سئل رحمه الله عن مسائل مفيدة فأجاب( اعلم ـ أرشدك الله ـ أن الله سبحانه وتعالى بعث محمداً صلى الله عليه وسلم بالهدى الذي هو العلم النافع، ودين الحق الذي هو العمل الصالح).
فإذا كان من ينتسب إلى الدين: منهم من يتعاطى بالعلم والفقه ويقول به كالفقهاء، ومنهم من يتعاطى العبادة وطلب الآخرة كالصوفية، فبعث الله نبيه بهذا الدين الجامع للنوعين " أي الفقه والتصوف". وهكذا يثبت الشيخ محمد عبد الوهاب أن الصوفية سندهم هو رسول الله صلى الله عليه وسلم وإليه ينتسبون

BAGIAN YANG KE TIGA DARI KARANGAN AL IMAM ASSYEKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB JUZ FATAWA WA ROSAIL HALAMAN 31...BELIAU DITANYA MAS'ALAH YANG BERFAIDAH KEMUDIAN BELIAU MENJAWAB :
KETAHUILAH ...MUDAH-MUDAHAN ALLAH MEMBERIMU PETUNJUK- BAHWA ALLAH SWT MENGUTUS NABI MUHAMMAD SAW DENGAN PETUNJUK YAITU ILMU YANG BERMANFA'AT DAN AGAMA YANG BENAR YAITU BER AMAL SHALEH...
MAKA APABILA ADA ORANG BER INTISAB KEPADA AGAMA: DIANTARA MEREKA ADA ORANG YANG BERGELUT DENGAN ILMU DAN AL FIQH SEPERTI AL FUQOHA' DAN DIANTARA MEREKA ADA YANG TEKUN BERIBADAH DAN MENCARI AKHIRAT SEPERTI PARA SHUFI (ASHSHUFIYAH) ...MAKA ALLAH SWT MENGUTUS NABINYA DENGAN AGAMA YANG KOMPLIT TERHADAP DUA MACAM INI YAKNI FIQH DAN TASHAWWUF...
BEGITULAH DENGAN JELAS AL SYEKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB MENYATAKAN BAHWA SANAD /SANDARAN PARA SHUFI ADALAH NABI MUHAMMAD SAW...DAN KEPADANYA LAH MEREKA BERITISAB.


IBNUL QAYYIM AL JAUZIYAH DAN TASHAWWUF :
وهذا هو العلامة ابن القيم من كبار الصوفية كما ذكر الإمام الحافظ بن رجب الحنبلي في الذيل على طبقات الحنابلة (الجزء الثاني صفحة 448) عن ترجمة ابن القيم بقوله : وكان عالماً بعلم السلوك وكلام أهل التصوف وإشاراتهم ودقائقهم له في كل فن من هذه الفنون اليد الطولى
وجاء في كتاب ( مدارج السالكين لابن القيم الجزء الثاني من صفحة 307 ) عن تعريف التصوف ما نصه: الدين كله خلق فمن زاد في الخلق زاد عليه في الدين وكذلك التصوف قال الكتاني: التصوف هو الخلق فمن زاد عليك في الخلق فقد زاد عليك في التصوف

MENURUT AL IMAM AL HAFIDZ IBNU ROJAB AL HANBALI, IMAM IBNUL QAYYIM ADALAH TERMASUK TOKOH SHUFIYAH SEBAGAIMANA YANG IA TUTURKAN DALAM KITAB DZAIL THABAQAT AL HANABILAH JUZ 2 HALAMAN 448 TENTANG BIOGRAFI IBNUL QAYYIM,IA MENGATAKAN :DIA ADALAH ORANG YANG PANDAI ILMU SULUK DAN PEMBAHATSAN AHLI TASHAWWUF,ISYARAT-ISYARAT DAN DETAIL ILMU MEREKA DALAM BIDANG INI DIA ADALAH ORANG YANG PROFESIONAL...
DALAM KITAB MADARIJ ASSALIKIN KARANGAN IBNUL QAYYIM JUZ 2 HAL 307 TENTANG DEFNISI TASHAWWUF ,TEKSNYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT:AGAMA SELURUHNYA ADALAH KHULUQ (BUDI PEKERTI)MAKA BARANGSIAPA YANG BERTAMBAH BUDI PEKERTINYA MAKA BERTAMBAH NILAIN AGAMANYA
BEGITU PULA DENGAN TASHAWWUF ,AL KATTANI BERKATA :TASHWWUF ADALAH BUDI PEKERTI MAKA BARANGSIAPA TAMBAH BUDI PEKERTINYA MAKA TAMBAH PULA TASHAWWUFNYA.