Makna Tanggal 11 Maret 2011 Di Dalam Al Qur'an

Posted in Sabtu, 09 April 2011
by Mbah Lalar





oleh Abd Rozzaq pada 13 Maret 2011 jam 16:55


“Tidak akan datang kiamat sehingga banyak terjadi gempa bumi. ” (Shahih Bukhari, Kitab Al-Fitan 13: 81-82).

“Sebelum terjadinya hari kiamat akan terdapat kematian-kematian yang mengerikan, dan sesudahnya akan terjadi tahun-tahun gempa bumi. ” ( Musnad Imam Ahmad 4: 104 dengan catatan pinggir Muntakhab Al-Kanz. Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh Ahmad, Thabrani, Al-Bazzar, dan Abu Ya’ladan perawi-perawinya adalah perawi-perawi kepercayaan ” Kitab Majma’uz Zawaid 7: 306 ).

Ibnu Hajar berkata, “Telah banyak terjadi gempa bumi di negara-negara bagian utara, timur, dan barat, tetapi yang dimaksud oleh hadits itu ialah gempa bumi secara merata dan terus-menerus.” ( Fathul-Bari 13: 87 ). Hal ini diperkuat dengan riwayat Abdullah bin Hawalah ra, ia berkata, “Rasulullah saw pernah meletakkan tangan beliau di kepala saya, lalu beliau bersabda:
“Wahai putra Hawalah, jika engkau melihat perselisihan telah terjadi di tanah suci, maka telah dekat terjadinya gempa-gempa bumi, balabencana, dan perkara-perkara yang besar, dan hari kiamat pada waktu itu lebih dekat kepada manusia daripada kedua tanganku ini terhadap kepalamu.” ( Musnad Ahmad 5: 188 dengan catatan pinggir Muntakhab Kanzul ‘Ummal; ‘Aunul Ma’bud Syarah Sunan Abu Daud, Kitab Al-Jihad, Bab Fi Ar-Rajuli Yaghzuu wa Yal-tamisu Al-Ajra wa Al-Ghanimah 7: 209-210; Mustadrak Al-Hakim 4: 425, dan beliau berkata, ” Ini adalah hadits yang shahih isnadnya, hanya saja Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya.” Perkataan Al-Hakim ini disetujui oleh Adz-Dzahabi. Dan Al-Albani menshahihkan hadits ini dalam shahih Al-Jami’ush Shaghir 6: 263, hadits nomor 7715 ).

Makna Tanggal 11 Maret 2011 telah dikabarkan Al Qur'an 1377 Tahun yang Lalu.Gempa di Jepang telah Menjadikan Peringatan Kepada Kita Bahwa Umur Dunia Akan segera berkurang,sebagaimana Rasululloh Muhammad Shollolloohu 'alaihi wa sallam pernah bersabda pada sekitar 1377 tahun yang lalu :
diriwayatkan dari Abu Hurairah pula, katanya : Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Artinya : Tidak akan datang kiamat sehingga waktu semakin berdekatan , setahun seperti sebulan, sebulan seperti sejum’at, sejum’at seperti sehari, sehari seperti sejam, dan sejam terasa hanya sekejap”.
ternyata selain kesibukan yang ada pada manusia,faktor gempa juga berpengaruh pada pengurangan delta pewaktuan dan memperpendek lamanya hari.selama 2011 tercatat pada BMKG ada sekitar 50 gempa (http://www.bmg.go.id/60gempa.bmg?jenis=url&ids=9279258135813849788), namun beberapa diantaranya tidak terasa karena masih berada di 1 MMI.

oke,mari kita rujuk sebelumnya dengan kisah Gempa di Chili:

A.Gempa Chili

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,8 skala Richter yang mengguncang Chile akan mengubah seluruh perputaran Bumi dan memperpendek lamanya hari di planet kita, demikian seorang ilmuwan NASA seperti dikutip Space.com, Selasa.
Gempa Chile yang tercatat sebagai gempa terkuat ketujuh dalam sejarah ini sepertinya bakal memperpendek lama hari di Planet Bumi sampai 1,26 milidetik, kata ilmuwan peneliti Richard Gross dari Laboratorium Populasi Jet, NASA, di Pasadena, California.

“Mungkin yang lebih menarik adalah seberapa kuat gempa bumi Chile itu menggeser poros Bumi,” kata para pejabat NASA, dalam pernyataan terbarunya Senin waktu AS (Selasa WIB).
Model komputer yang digunakan Gross dan rekan-rekannya untuk menentukan dampak dari dampak Gempa Chile juga mendapati bahwa gempa itu tampaknya telah menggeser poros Planet Bumi sampai kira-kira 3 inci (8 cm atau 27 milimiliardetik).

Poros Bumi tidak sama dengan kutub utara-selatan planet ini, yang berputar sekali setiap hari dengan kecepatan sekitar 1.000 mph/mil per jam (1.604 kph, km per jam).
Poros Bumi adalah poros di mana massa Planet Bumi seimbang. Poros ini bercabang dari sumbu utara-selatan Bumi sampai kira-kira 33 kaki (10 meter).

Gempa bumi dahsyat telah mengubah hari-hari di Bumi dan porosnya di masa lalu. Gempa Sumatera tahun 2004 yang berkekuatan 9,1 skala Richter, yang memicu gelombang tsunami, telah memperpendek hari sampai 6,8 mikrodetik dan menggeser poros Bumi sampai sekitar 2,76 inci (7 cm, atau 2,32 miliardetik).
Satu hari Bumi sama dengan sekitar 24 jam. Dalam hitungan tahun, lama satu hari normal berubah secara gradual sampai satu milidetik. Hal itu bisa bertambah di musim dingin, manakala Bumi berputar lebih lambat, dan berkurang pada musim panas, kata Gross.
Gempa Chile lebih kecil dibandingan getaran Gempa Sumatera, namun dampak Gempa Chile terhadap Planet Bumi lebih besar karena lokasinya ada di garis lintang tengah Bumi, bukan di garis khatulistiwa seperti Gempa Sumatera.
Patahan yang mengakibatkan gempa Chile 2010 juga teriris di Bumi pada sudut yang lebih curam ketimbang patahan pada Gempa Sumatera, demikian para ilmuwan NASA.
“Ini yang membuat patahan Chile lebih efektif dalam menggerakan massa Bumi secara vertikal, dan oleh karena itu lebih efektif dalam menggeser poros Planet Bumi.” kata para ilmuwan NASA.

Gross menyatakan penemuannya ini didasarkan pada data awal yang tersedia pada Gempa Chile. Karena inofrmasi mengenai karakteristik gempa semakin terbuka, prediksanya mengenai dampak Gempa Chulie mungkin berubah.
Gemp Chile menewaskan lebih dari 700 orang dan menyebabkan kehancuran di seluruh penjuru negara di Amerika Selatan itu.

Beberapa teleskop raksasa di Gurun Atacama, Chile, lolos dari dampak merusakkan dari gempa, demikian Observatorium Selatan Eropa.
Sebuah instrumen satelit NASA pengukur kadar garam yang dipasang di sebuah satelit Argentina juga selamat dari guncangan gempa, demikian para pejabat JPL.

Instrumen bernama Aquarius itu berada di kota Bariloche, Argentina, yang sebelumnya sudah ditempatkan pada satelit Satelite de Aplicaciones Cientificas (SAC-D). Fasilitas integrasi satelit kira-kira berjarak 365 mil (588 km) dari episentrum Gempa Chile.
Instrumen Aquarius dirancang untuk bisa menyediakan peta global bulanan mengenai konsentrasi garam dari samudera, ademi menjejak sirkulasi sekarang ini dan perannya dalam perubahan iklim.

Kesimpulannya begini, gempa di Chile itu jika diibaratkan dengan bola, adalah bola yang peot , itu pusat gempanya nah coba sekarang kita putar bola itu otomatis pasti ada ketidak keseimbangan kan dari bolanya karena permukaannya sudah tidak rata ! Maksudnya ??? pastilah bola itu akan berputar lebih lambat atau juga lebih cepat berhenti, itu sama saja waktu kita waktu rotasi bumi itu 24 jam dengan kecepatan normal bumi, nah karena pengaruh massa dan bentuk dalam bumi yang “peot” pastilah akan mengurangi waktu, MUNGKIN ya ini versi Saya pribadi, kalo ada yang masih belum mengerti tanya lah sama sesepuh atau ahli nya.

B.Gempa di Jepang dan Tsunami di Jepang

Tsunami di Jepang 2011 – Hari Jum'at merupakan hari duka kita sedunia khususnya warga jepang, karena telah terjadi Gempa berkekuatan dahsyat 9 SR hingga mengakibatkan tsunami di jepang 11 Maret 2011. Dalam rekaman video tsunami jepang 2011, terlihat para pekerja di kantor Sendai saling berbenturan. Buku dan kertas berjatuhan. Rekaman tersebut juga memperlihatkan sebuah halte bus dari kaca yang hancur akibat gempa. sebagaimana yang telah dikabarkan di berbagai media massa, kekuatan gempatsunami di jepang adalah 8,9 SR yang telah memporakporandakan daratan di wilayah Myagi.
Gempa di Jepang terjadi pukul 12.45 WIB, Jumat (11/3) kemarin atau 14.45 waktu setempat, berpusat di 373 km timur laut Tokyo. Beberapa saat kemudian terjadi tsunami dengan ketinggian 4 meter hingga 10 meter.Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 9 SR. Lalu 45 Menit setelah gempa tersebut,meledaklah reaktor nuklir nomor 1 di Fukushima (http://besteasyseo.blogspot.com/2011/03/foto-reaktor-nuklir-jepang-meledak.html).
Sebelumnya Di awali Gempa 7,2 SR pada Tanggal 9 Maret 2011 sekitar Pukul 11.45 waktu setempat
(http://dunia.vivanews.com/news/read/208456-gempa-7-2-sr-guncang-jepang)

Apa Pesan Al Qur'an Sesuai Dengan Kejadian di Jepang pada 3 hari yang lewat?

Diketahui:
  1. Tanggal Kejadian Gempa adalah 9-03-2011 sekitar Pukul 11.45 waktu setempat dan tanpa Tsunami,7,2 SR MMI:unknown
  2. Tanggal Kejadian Gempa adalah 11-03-2011 12.45 WIB, atau 14.45 (waktu setempat) 9 SR lalu di susul Tsunami
  3. Gempa susulan pada Pukul 13.15 WIB, atau 15.15 (waktu setempat) 7,4 SR.
  4. Tanggal 11-03-2011 13.45 WIB, meledaklah Reaktor Nuklir


1.Tanggal Kejadian Gempa adalah 9 Maret 2011 sekitar Pukul 11.45 dan tanpa Tsunami,7,2 SR

  • At-Taubah:Surat Ke 9 ayat 003

"Dan (inilah) suatu pengumuman daripada Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar [628] bahwa sesungguhnya Allah dan RasulNya berlepas diri dari orang-orang musyrikin. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka bertaubat itu lebih baik bagimu ; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan beritakanlah kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih".

  • ayat 2011
An-Nahl:110
Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

ayat ke 2012
An-Nahl:111
(Ingatlah) suatu hari (ketika) tiap-tiap diri datang untuk membela dirinya sendiri dan bagi tiap-tiap diri disempurnakan (balasan) apa yang telah dikerjakannya, sedangkan mereka tidak dianiaya (dirugikan).


  • 7,2 SR

Alloh memberi Peringatan dengan gempa 7,2 SR sebagai Peringatan/Isyarat,Namun kebanyakan mereka bangga akan kemampuan dirinya (dalam hal ini Perusahaan Japan Dome House mengklaim Rumah Styrofoam mampu mengatasi guncangan gempa dan Tsunami,karena sebelumnya Jepang telah bisa memprediksi akan terjadi gempa di propinsi tersebut).

Al-A`raaf:Surat ke 7 ayat 002 (7,2 SR)
Ini (Al Qur'an) adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir/ingkar), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman.

  • Pukul 11.45

Jenis Peringatan ini merupakan Sebuah Tsunami

Hud:Surat ke 11 ayat 45
Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya."

Peristiwa apakah yang di ceritakan disini??? Mari Kita Lihat ayat sebelumnya dimulai dari ayat ke 37:
Hud:037
Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.

Hud:038

Dan mulailah Nuh membuat bahtera. Dan setiap kali pemimpin kaumnya berjalan meliwati Nuh, mereka mengejeknya. Berkatalah Nuh: "Jika kamu mengejek kami, maka sesungguhnya kami (pun) mengejekmu sebagaimana kamu sekalian mengejek (kami).

Hud:039
Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa oleh azab yang menghinakannya dan yang akan ditimpa azab yang kekal."

Hud:040
Hingga apabila perintah Kami datang dan dapur [718] telah memancarkan air, Kami berfirman: "Muatkanlah ke dalam bahtera itu dari masing-masing binatang sepasang (jantan dan betina), dan keluargamu kecuali orang yang telah terdahulu ketetapan terhadapnya dan (muatkan pula) orang-orang yang beriman." Dan tidak beriman bersama dengan Nuh itu kecuali sedikit.

Hud:041
Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Hud:042
Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya [Nama anak Nabi Nuh a.s. yang kafir itu "Qanaan", sedang putra-putranya yang beriman ialah: Sam, Ham dan Jafits ] - sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: "Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir."

Hud:043
Anaknya menjawab: "Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!" Nuh berkata: "Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang". Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan.

Hud:044
Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan [720] dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi [721], dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim ."

2. Tanggal Kejadian Gempa adalah 11-03-2011 12.45 WIB, atau 14.45 (waktu setempat) 9 SR lalu di susul Tsunami

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, kalo di hitung-hitung sering sekali terjadi gempa bumi yang mengakibatkan tsunami
Sekarang tanggal 11 bulan Maret, coba kalian buka surat ke 11 ayat ke-3:

(QS.11:3). dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.

Al-Haaqqah:011
Sesungguhnya oleh Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu [Yang dibawa dalam bahtera Nabi Nuh untuk diselamatkan ialah keluarga Nabi Nuh dan orang-orang yang beriman selain anaknya yang durhaka], ke dalam bahtera,

Al-Haaqqah:012
Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.


  • Pukul 12.45 WIB

Al-Hajj:Surat ke 12 ayat 45 (pesan bagi kita yang mengetahui kejadian tersebut)

Berapalah banyaknya kota yang Kami telah membinasakannya, yang penduduknya dalam keadaan zalim, maka (tembok-tembok) kota itu roboh menutupi atap-atapnya dan (berapa banyak pula) sumur yang telah ditinggalkan dan istana yang tinggi,

Al-Hajj:Surat ke 12 ayat 46
maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

sekalipun banyak yang berkelit dengan perbedaan waktu,bahwa peristiwa di Tsunami di Jepang adalah antara Pukul 14.44 ataupun antara 14.45 ataupun 14:46 waktu Japan

Tapi coba simak ayat berikut:

Ibrahim:Surat Ke 14 ayat 44
Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zalim: "Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul". (Kepada mereka dikatakan): "Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?

Ibrahim:Surat ke 14 ayat 45
dan kamu telah berdiam di tempat-tempat kediaman orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri, dan telah nyata bagimu bagaimana Kami telah berbuat terhadap mereka dan telah Kami berikan kepadamu beberapa perumpamaan".
(semoga teman2 kita anak ITB beserta Dosen serta juga bangsa lain selamat,Aamiin ya Robbal 'aalamiin)

Ibrahim:Surat ke 14 ayat 46
Dan sesungguhnya mereka telah membuat makar yang besar* padahal di sisi Allah-lah (balasan) makar mereka itu. Dan sesungguhnya makar mereka itu (amat besar) sehingga gunung-gunung dapat lenyap karenanya.
(Apakah Makar=kerusakan di sini yang di maksud Reaktor Nuklir yang meledak 45 menit kemudian? kita tahu bahwa reaksi ledakan nuklir bisa meratakan banyak gunung? )
http://besteasyseo.blogspot.com/2011/03/foto-reaktor-nuklir-jepang-meledak.html

  • 9 SR ? LIHAT SURAT KE 9 Yaitu Surat At-Taubah, Artinya Bertaubat


3. Gempa susulan pada Pukul 13.15, 7,4 SR

Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR.

  • Pukul 13.15
Ar-Ra`d: Surat ke 13 ayat 015
Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.


Al-A`raaf:Surat ke 7 ayat 004 (7,4 SR)
Betapa banyaknya negeri yang telah Kami binasakan, maka datanglah siksaan Kami (menimpa penduduk)nya di waktu mereka berada di malam hari, atau di waktu mereka beristirahat di tengah hari.

Wallohu a'lamu Bisshowaf

Wassalam,



Abd Rozzaq


baca juga bagaimana Islam di Jepang di link http://ari3f.wordpress.com/2010/05/26/islam-di-jepang/
gambar2 Tsunami dan efeknyahttp://www.boston.com/bigpicture/2011/03/massive_earthquake_hits_japan.html