THOMA'

Posted in Minggu, 10 April 2011
by Mbah Lalar
Sang Jiwanmukto
bagi Anda-anda yang sudah sering membaca cerita tentang Syekh Juha ( Nasrudin Khoja )..pasti anda akan tersenyum bila nama itu di sebutkan. Kembali untuk sedikit me-refresh suasana, ini adalah salah satu cerita tentang Syekh Juha...

Di saat siang yang terik, Syekh Juha sedang istirahat di dalam rumahnya...matanya tersa ngantuk berat dan dia ingi tidur karena semalaman begadang dengan tetangganya. Ketika mata Syekh Juha hampir terpejam, dia kaget karena suara gaduh anak-anak yang sedang bermain di samping rumahnya. Dia melihat melalui jendela rumah ada 5 anak bermain-main. Karena istirahatnya merasa terganggu, maka Syekh Juha mendatangi anak-anak itu.

" Hei..apa yang kalian lakukan ?..
Anak-anak pun dengan polos menjawab, " kami sedang bermain "
" kenapa kalian bermain-main di sini ? kenapa tidak di tempat lain ?", sergah Syekh Juha yang merasa kesal karena istirahatnya terganggu
" enakan di sini..di bawah pohon besar nan rindang ", jawab anak-anak.
Syekh Juha semakin kesal, dia memutar otaknya bagaimana agar anak-nak ini bisa pergi dari samping rumahnya dan bermain di tempat lain. Akhirnya dia pun menemukan ide. Dia membohongi anak-anak..
" Hei anak-anak..taukah kalian, bahwa tetangga desa kita sedang panen buah semangka. orangnya baik sekali. Dia juga membagi-bagikan buah semangka itu kepada anak-anak yang datang ke kebunnya saat ini "
Mendengar penuturan Syekh Juha, maka anak-anak itupun segera berlari untuk mendatangi tetangga desa yang sedang panen semangka. Mereka berharap mendapatkan pembagian cuma-cuma dari hasil panen semangka.

Syekh Juha pun merasa lega.. muslihatnya berhasil. Dan kini dia pun bisa istirahat dengan tenang. Namun tiba-tiba Syekh Juha berpikir.. " jangan-jangan tetangga desa memang benar sedang panen semangka, nyatanya anak-anak berlarian kesana untuk minta bagian. Aku juga harus kesana ".
tanpa pikir panjang Syekh Juha punberlari mengikuti anak-anak tadi dan berharap mendapat kan pembagian semangka.