Itu Adalah Lukisan Makam Sultan Utsman Khan Bukan Lukisan Makam Rasulullah

Posted in Kamis, 21 Juli 2011
by Mbah Lalar

Tema kita kali ini tentang “lukisan” yang telah menyebar di belahan bumi Islam. Banyak orang Islam menganggap bahwa “lukisan” berikut ini adalah gambar/lukisan/foto makam Rasulullah, bahkan tidak sedikit yang melakukan “propaganda” bahwa “lukisan” itulah satu-satunya lukisan asli makam Rasulullah yang pernah dibuat pada abad 19; yang sekarang berada di salah satu museum di Inggris.

Lalu ada pula pendapat mengatakan bahwa gambar ini hasil lukisan salah seorang pelukis keturunan Turki. Disebutkan bahwa pelukis ini mimpi melihat makam Rasulullah, setelah bangun lalu ia “tumpahkan” dalam bentuk lukisan seluruh apa yang dilihat dalam mimpinya itu.

Setelah diteliti, ternyata “lukisan makam” itu adalah gambar makam Sultan Utsman Khan (Semoga rahmat Allah tercurah baginya) yang dimakamkan di Kota Burshah Turki. Hasil penelitian ini mungkin mengagetkan sebagian orang yang telah “akrab” dengan anggapan bahwa ini adalah “lukisan makam” Rasulullah. Namun demikian, mari kita perhatikan fakta gambar-gambar berikut ini untuk kita kritisi.



Pertama
Ada pendapat mengatakan bahwa “lukisan” tersebut berada di salah satu museum di Inggris. Pertanyaannya: “Bagaimana lukisanitu bisa pindah ke Inggris? Para penguasa Utmaniyyah Turki dikenal sebagai orang-orang teguh dan tegas dalam pendirian; bagaimana bisa menyerahkan lukisan tersebut kepada orang-orang Inggris yang notabene sebagai musuh besar? Adakah para Khalifah Utsmaniyyah Turki tidak peduli terhadap lukisan tersebut dan lalu membiarkannya agar tidak dimasukan ke museum kota Istanbul yang “penuh” dengan barang-barang peninggalan Rasulullah yang mulia? Tentu mereka tidak akan pernah bersikap seperti itu.

Kemudian jika benar lukisan itu berada di salah satu museum di Inggris, lalu apa nama museum tersebut? Siapapun tidak pernah mendengar berita bahwa di salah satu museum Inggris terdapat lukisan makam Rasulullah, juga siapapun dari kita tidak pernah mendengar ada orang “melacong” ke Inggris menuju museum-museum lalu ia berkata “Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri lukisan makam Rasulullah itu di salah satu museum di Inggris”, padahal tidak sedikit dari orang-orang Islam yang “melancong” ke Inggris, dan bahkan tidak sedikit pula dari orang-orang Islam yang telah menetap di sana.

Dua
Masjid Nabawi pernah dipugar total dan direnovasi pada masa Sultan Abdul Majid Khan (Rahimahullah); salah seorang Khalifah Utsmaniyah. Peristiwa bersejarah ini telah dituturkan oleh para sejarawan dalam karya-karya mereka. Mereka menjelaskan secara detail bangunan-bangunan yang ditambahkan oleh Khalifah Utsmaniyyah tersebut saat itu. Peristiwa ini diceritakan di antaranya oleh Syekh Ja’far al Barzanji; penulis kitab Nuzhah an Nazhirin Fi Masjid al Awwalin Wa al Akhirin. Dalam kitab ini Syekh al Barzanji sedikitpun tidak menyinggung bahwa Sultan Abdul Majid Khan telah meletakan peti kayu di atas makam seperti yang nampak dalam lukisan di atas.

Tiga
Jelas bahwa model makam yang nampak dalam “lukisan” tersebut adalah model makam para penguasa Khalifah Utsmaniyyah.
Jika ada yang berkata: “Bisa saja para Khalifah tersebut membangun makam Rasulullah persis seperti model makam-makam penguasa mereka terdahulu”, maka kita katakan: “Jika benar demikian lalu mengapa tidak ada seorangpun dari sejarawan yang menyebutkan atau paling tidak menyinggung sedikit saja berita ini di dalam karya-karya mereka”.

Empat
Bahwa kamar Rasulullah dahulu adalah yang kemudian menjadi tempat dimakamkannya beliau, lalu di tempat itu pula dimakamkan kedua orang sahabatnya yang mulia; sahabat Abu Bakr as Shiddiq dan sahabat Umar bin al Khattab, artinya yang ada di tempat tersebut hanya ada tiga makam saja. Sementara yang nampak dalam lukisan/gambar di atas ada empat makam; makam yang besar berada di tengah, lalu di sebelah kirinya makam yang sedikit lebih kecil (lihat nomor 1), ada pula makam kecil di tengah antara dua makam (lihat nomor 2), kemudian ada lagi makam ke empat di sebelah kanan (lihat nomor 3), dengan demikian semuanya menjadi 4 makam. Ini jelas bukan kamar makam Rasulullah.

Lima
Dalam lukisan di atas terlihat ada beberapa jendela dan gorden (lihat nomor 4), sementara yang umumnya kita kenal jendela makam Rasulullah tidak seperti demikian itu, lalu dalam lukisan ini jendela-jendelanya terlihat seakan sangat mewah; semacam ini hanya hanya ada pada makam Sultan Ustman Khan; tidak sesuai dengan fakta yang ada di kamar makam Rasulullah.

Enam
Dalam gambar di atas terlihat bahwa di atas makam tergantung lampu kristal (lihat nomor 5), ini persis sama dengan lampu kristal yang tergantung di atas makam Sultan Utsman Khan.

Berikut ini ada gambar terbaru hasil foto kamera yang diambil dari makam Sultan Utsman Khan (Rahimahullah), silahkan anda bandingkan antara dua gambar tersebut, anda akan melihat kesamaan yang sangat persis. Benar, itu adalah lukisan makam Sultan Utsman dan bukan lukisan makam Rasulullah.



Tujuh
Bukti ini sangat kuat dan pasti; yaitu tulisan yang terletak di bagian depan (arah muka) makam (lihat nomor 6), itu membuktikan bahwa lukisan makam itu bukan lukisan makam Rasulullah. Di antara tulisan yang tertera pada arah depan makam tersebut adalah:

"السلطان الغازي أبو الفتوحات والمغازي عثمان خان أسكنه الله فسيح جناته"
“Sultan Panglima Abu al Futuhat Wa al Maghazi Utsman Khan (Semoga Allah menempatkannya dalam surga yang lapang)”.

Anda perhatikan gambar dalam jarak dekat ini