DISKUSI ILMIAH TTG ENERGI ALTERNATIF

Posted in Rabu, 09 Maret 2011
by Mbah Lalar
DISKUSI ILMIAH TTG ENERGI ALTERNATIF DARI OLAHAN LIMBAH JUMBLENG TERBARUKAN YG BERMANFAAT BAGI UMAT DI TINJAU DARI SISI ILMIAH DAN SPIRITUAL.

Rupanya Hasil Bahtsul Masail Bab WC Mampet menimbulkan diskusi ilmiyah mengenai energi
alternatif terbarukan. Bagi yg belum sempet membaca dalil2 mengatasi wc mampet, silahkan klik : http://www.facebook.com/home.php?sk=group_166387930047597&view=doc&id=182327615120295 atau, jika klik gagal,  lihat di bagian dokumen di grup ini.

Diskusi jumbleng ini dipicu dari posting ulang hasil bahtsul masail di catatan saya (http://www.facebook.com/notes/triwibs-kanyut/re-post-hasil-bahtsul-masail-kaifiyyat-mengatasi-wc-mampet/497615288339?ref=notif&notif_t=note_comment). Bagi yg malas ngeklik ke sana, berikut ini kami sajikan hasil diskusi ilmiyah tersebut.


Pembahas: Ilham, Mbah Kanyut, Adib Machrus, Putri Sarinande
Penggembira: Dinda Natasha, Amitab Abi, Queenta Raya

 Putri Sarinande eh, aku kepikiran ama buat energi diperbarui dengan media taik manusya. sebab, hasil akhirnya sama saja, butuh gas metana dari hasil memendem si taik-taik ituwh *ummm*
2 hours ago · LikeUnlike

Adib Machrus Butuh jumbleng kapasitas berapa kubik untuk menghasilkan 1 liter metana, mbak?
2 hours ago · LikeUnlike

Queenta Raya Pertama2 saya haturkan salam kwak kwak kwak ngakak banter kagem mbah nyut.nuwun tag nyah...
Sik ameh moco maneh sik.ben katam ping telu.lak luih apdol
about an hour ago via Facebook Mobile · LikeUnlike

Ilham Muliawan Is-zaq gus adib_ pernah denger katanya 12kk gus,,,
about an hour ago · LikeUnlike

Adib Machrus
Betul.
Penelitian 1988. Asumsikan 1 keluarga terdiri atas 5 orang yang masing-masing menghasilkan kotoran 0,3 kilogram per hari. Dari 3.000 keluarga terkumpul 4.500 kg. Satu kilogram kotoran manusia menghasilkan 0,05 meter kubik biogas. Jadi..., total bisa dihasilkan 225 meter kubik biogas, setara dengan 103,5 kg elpiji per hari.
Per hari rataq2 satu keluarga menghabiskan 1/2 kg gas.
Maka itu dapat digunakan untuk memasak 207 keluarga.

Wah boros tinja juga ya?
about an hour ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut di sepanjang jalan kaliurang itu Gus dulu dibedaah, dibuat saluran tinja besar, di mana hasil ngising warga akan digelontorkan melalui saluran itu untuk ditampung ke dalam jumbleng raksasa, yg rencananya akan dipakai untuk proyek gas berlangganan. sebulan konon urunan 25 ribu per KK.
about an hour ago · LikeUnlike

Adib Machrus Untuk menghasilkan kualitas output ynag baik dibutuhkan input yang baik juga mbah. Terlebih ini menyangkut pengolahan bahan yang itu2 juga. Artinya, bahan olahan itulah yang akan diproses dan menghasilkan output. Jadi, kalau asupan nutrisi yang masuk sistem digestorium tsb kw 2 atau kw 3, keluarannya pun kualitasnya tak jauh beda dengan itu. Menurut penelitian, katanya aroma kentut dapat menjadi indikator awal kualitas tinja mbah. Cara mengukurnya, makin badheg, makin baik.
about an hour ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut saya jadi mikir, kalo tiap hari makannya lbh banyak mie instan dan jarang makan daging, mungkin kualitas metananya rendah, dan api gasnya barangkali tidak biru, tetapi merah - alias kurang maksimal panasnya.
about an hour ago · LikeUnlike

Putri Sarinande hahaha. tapi jika terlalu banyak makan daging memicu banyaknya gas buangan karbon dioksida yang lantas berefek pada pemanasan global. jika mi instan, yang ada sebelom menghasilkan metana keburu ususnya kudu dipotong Mbah :)
about an hour ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut nah, kalo masalah hubungan antara hasil tinja dari makan daging dengan epek pemanasan gombal itu saya kurang paham. barangkali sodara Gus Adib bisa menjelaskannya, tampaknya dia sedang njjekuthut mencari informasi dari syekh Gugel...
about an hour ago · LikeUnlike

Adib Machrus
Itu, bentuk dan model makanan, juga perlu dipertimbangkan. Penelitian untuk masalah ini belum ada. Saya punya hipotesis: kualitas nyala api berbanding lurus kualitas tinja. Tapi saya juga punya asumsi, hal itu akan berdampak pada bentuk nya...lanya juga.

Mengenai pemanasan global yang diakibatkan penyuka daging, saya kira dapat diatasi dengan melokalisir dampak pemanasan ke lingkup lokal saja. Nah, jika upaya ini berhasil, merupakan satu langkah maju untuk meneruskan upaya lokalisasi ke lingkup yang lebih kecil, sekitar tngku, misalnya. Jadi, menurut saya, tak ada masalah.See More
about an hour ago · LikeUnlike

Putri Sarinande hahaha. bukan hasil tinjanya. tepatnya, dampak proses sejak awal hingga akhirnya daging tinggal diolah untuk dimakan. kembali ke mi-top *lapotop maksutnyah* mi instan emang makanan ga sehat jika keseringan...
about an hour ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut berdasarkan pengalaman pribadi dan kawan2 mahasiswa dulu, sodara Gus dan mbak Sarinande, makan mie tiap pagi justru memperbanyak output tinja, apalagi kalo dipadukan dengna kopi, dan baunya sungguh badeg. berdasarkan tesis gus Adib, bau badeg menunjukkan kualitas - bukankah itu berarti output dari mie instan kualitasnya bagus, karena bau badegnya ngudubilah setan...
about an hour ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut pertanyaan tambahan: apa maksud dari bentuk nyala api itu Gus?
about an hour ago · LikeUnlike

Adib Machrus Baca kembali ulasan saya di atas yg menyoal BOROS TINJA. Saya berpkir, tentulah tidak bagus menyuruh orang dengan paksaan untuk rame2 mengejan dan mengeluarkan tinja2 mereka. Ini perlu diantisipasi, mbah. Cobalah berpikir, suatu saat kita sangat membutukan gas metan, sedang persediaan sudah habis. Nah, bayangkan jika pendudk seluruh kota sibuk mengejan.....
about an hour ago · LikeUnlike

Putri Sarinande wah Kang Mas nyut-nyutz, dugaanku si mi instan dan kopi merupakan perpaduan sip untuk memicu kembung, artinya gas yang terperangkap di lambung. tapi bukan gas metana yang diinginkan. gas metana dihasilken dari hasil olah tinja, gas kembung ituwh dihasilken akibat berpadunya si komoditi mi instan dan kopi dengan asam lambung
59 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Oh, soal nyala api? Baiklah, ini baru perkiraan, dugaan, saya katakan: belum diteliti. Namun kuta dugaan saya, bahwa hasil api dari gas olahan produk mie instant akan mak jlirit jlirit dan sekejap karena juga bersifat instant.
59 minutes ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut
saya paham Gus.. jika seisi kota rame-rame mengejan, saya bisa bayangkan betapa berisiknya kota itu. Bukankah mengejan biasanya diiringi dengan suara-suara angin kecepit yg merdu itu. Mungkin, dalam imajinasi saya, setiap pagi kota itu sela...in dipenuhi suara cicit burung juga suara cocot duburr.. ada kemungkinan ini bisa diaransemen jadi sejenis musik kontemporer, jd bisa ditata misale bunyinya Pret Dhuutt, pret Dhut, thit thett thiitt proott. bssh bsshh proottt..

... Tetapi saya rasa, surplus tinja ini bisa diantisipasi dengan menggunakan teknik yg ramahlingkungan, seperti menggunakan bakteri pemakan tinja, yg bisa mempercepat pembentukan gas metanah...
57 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Andai mbah Embie ikut diskusi ini, tentu akan muncul aransemen nan unik dan mencerahkan dari olah harmonisasi bunyi2an tadi.
55 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

Triwibs Kanyut beliau sudah saya ke-thak, tapi tampaknya belum methungul, mungkin sedang sibuk macul.
54 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

DindaNatasya DrCintapertama Full lhah njagong disini, tadi dikirimin slam pada ndenger nggak yaa..??
mbah Nyut Gus Adip Markusss...deelel.
54 minutes ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut looooooooooooo.. yg ultah kok ikutan njagong bab tinjaaah? di sini mambu lo mbaaak Dindaa....nanti kue tartnya tertular baunyaah...ingat, di sini ada pak dhe KUMPROH, bisa bayangkan to, namanya saja kumproh, apalagi orangnya, apalagi tinjaanyaah!!!!
52 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Maap mbak Dindah Sucintah.... saya dengar dengan seksama, namun sayang... suara yang dihasilkan mbahnyut berupa irama angin kecepit sungguh sangat mengganggu
52 minutes ago · LikeUnlike

DindaNatasya DrCintapertama Full qqiqiqiqiqiqi...
kkumproooh, pulang siaran lagi aaah.. paren, nyuwun pamit.
51 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Mongo, ini ada bingkisan kecil, tlong jangan dibuka di jalan. Hadiah spesial dari mbak Putri Sarinande. Katanya, untuk masak di dapur, agar tak kehabisan nyala api. Dikirim dengan CINTAH
50 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

Triwibs Kanyut lumayan, ada mbak penyiar, diskusi tinja jadi sempet beraroma wangi ... oh ya, mbak sarinande ke menong niehh?? diem aja? jgn2 sedang methangkring di jamban???
49 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

Adib Machrus Sebagai aktifis lingkungan, saya sangat salut kepadanya. Khususnya masalah energi terbarukan yang ramah lingkungan ini, hampir tiada kegiatan yang tidak dilakukannya di jumbleng
47 minutes ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut sebentyar gus, yg anda maksud denganaktif lingkunganitu siapaah? mbak dinda apa putri sarinande???
46 minutes ago · LikeUnlike

DindaNatasya DrCintapertama Full nggak mau lama lama disini,
nanti jadi klething kuning saya, hahahahahah ayu ayu kuning kabeh.
gak sido wangi gak sido rabi, tambah ora payu hikz..-((
46 minutes ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut loooooooooooooooo koq balik lagiiihhh???? ada yg ketinggalan mbaak? apa mau menyumbang tinjaa di sini??
45 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Oh iya, tentu keduanya adalah aktifis. Yang satu aktif mencintai orang (atau seseorang, ya?) dan satunya aktifis lingkungan (jumbleng).
45 minutes ago · LikeUnlike

DindaNatasya DrCintapertama Full GUs Adib Markus,
Bukan akuuuuuuu.....!!!!
45 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Bingkisannya jangan lupaaaa.....
44 minutes ago · LikeUnlike

DindaNatasya DrCintapertama Full Emoooooooh......!!!!!
takut njeblugh kalo disumet.
42 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Mbok perasaan sama yang sudah repot2 ngumpulin dan mbungkus dari tadi...
41 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

Triwibs Kanyut back to jumbleng. membaca statement mbak penyiar tadi soal klething kuning, saya jadi menduga barangkali selain sbg gas metana, tinja jg bisa menjadi semacam lulur - dan boleh jadi luluran dengan tinja akan menyebabkan si pemakai lulur bernasib beruntung seperti klething kuning yg diluluri tinja tapi justru mendapat jodoh si ande-ande lumut yg ternyata adalah pangeraaannnn...
41 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

Adib Machrus Kadang ujiannya memang harus begitu. Lebur dalam peniadaan diri. Oleh sebab itu, malah terpikir oleh saya, menggagas peranan tinja dalam meningkatkan kehidupan spiritual seseorang. Bags juga menjadi judul buku TINJA DALAM TASAWWUF KLASIK.
38 minutes ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut owhgg,, berarti ada juga efek spiritual dari tinja ya Guss? wah, baru tau saya.. siapa kira2 yg bisa mengajarkan suluk tinja ini ya? barangkali mbah Riyad Sukabul nanti bisa menjjelaskan, sudah saya ke-tag, tp ndak methungul jugaaa...
34 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Bukaknkah antara CINTA (ajaran tasawwuf) dan TINJA hanya berbeda hurf J dan C? Bahkan, secara linguistik, keduanya punya titik artikulasi yang berdekatan.
34 minutes ago · LikeUnlike

Triwibs Kanyut saya sudah mengamati dari huruf J ke C di papan keyboard berjarak sekitar 6 cm dengan sudut kemiringan 30 derajat, membentuk huruf L dengan garis horisontalnya sedikit menyerong.. dari segi ilmu huruf, ini bisa ditafsirkan bahwa kaidah spiritual pertinjaan bisa diaplikasikan melalui cara yg sedikit blero atau nada fals.. alias out of the box, eh alias out of the jumbleng...
32 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Ya. Saya sudah perhatikan, dari arah C ke J dibutuhkan 4 langkah ke kanan dan 1 langkah ke atas. Sedang dari J ke C sebaliknya. Artinya, mereka memang tidak sejalan. Tapiii.... mereka bisa berada dalam satu tempat tanpa saling menghujat, bukan?
29 minutes ago · LikeUnlike · 1 personLoading...

Triwibs Kanyut C itu huruf ke-3, dan J huruf ke 10, jadi nilai numerik huruf itu adalah 13. dan konon angka 13 berkonontasi buruk. tampaknya ada efek negatif juga dari ajaran suluk tinja ini jika tidak mengikuti perintah mursyid tinja...
25 minutes ago · LikeUnlike

Amitabh Abih ikut menyimak.......
18 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Mungkin ada pelajaran tersembunyi dari angka 13 itu mbah? Saya melihatnya dengan jelas, dan sudah terbukti sangat diminati oleh orang banyak. Selisih jarak mereka sungguh mengagmkan: 7!!! Berapa banyak bilangan 7 disebut? Dan ini pernah menginspiasi sebuah produk yg laris secara massal yaitu Jeep CJ-7. Selain itu, jika C dan J digabung bersama, akan berakibat kurang baik. Hal itu tidak boleh terjadi. Jadi, memang harus buang sial, mbah.
18 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Satu lagi mbah mungkin terlupakan. Jalan Cinta dan jalan Tinja rupanya sangat berdekatan. Horas!!!!!!!!!!
15 minutes ago · LikeUnlike

Adib Machrus Guna melengkapi tesis kumproh ini, perlu dikemukakan satu perbedaan lagi. Sesuai jalannya, Cinta harus dimasukkan, sedangkan Tinja harus dikeluarkan. Nah, maka berhati2lah memperlakukan keduanya. Jangan sampai salah kelola. Berabehhhh.....
12 minutes ago · LikeUnlike

masih bersambung insya Allah...
hwaakkkkk

salam
Mbah Kanyut