SEPUTAR ALKOHOL (Serius Has WARKOP)

Posted in Selasa, 22 Maret 2011
by Mbah Lalar
Zainal Wong Wongan :

Alcohol itu apa dan terbuat dari apa Sieh Dok Heri Munajib ? dan kadar berapa % hingga ia dapat memabukkan dalam sebuah minuman?
Mohon pengkilapannya ya Dok.

...
Saya juga minta Petuwah dari Kyai Rivqi Van West Java, Musuh bebuyutankuIbliziyyulhaq Rojim, dan Buya Omar Abou Fahme , Najiskah Alcohol itu? seberapa jauh ia mempengaruhi hukum pada sebuah Minuman/ Makanan / Pakaian?

Seriyyus pol iki, karena saya mencuci jarum Bekam dg AlCohol.

Oh ya turut mengundang kepada yg Terkenthir Raden Aryo Panembahan Adib Machrus, sebagai tukang cuci otak.
 _______________________________________________________________________________

    • Abi Husna pertamaxxx



    • Zainal Wong Wongan Pocong - lha sumonggo dipun gelar, InsyaAllah sangat berManpangat
      Yesterday at 7:59pm · Like



    • Luzan Tigabelas Reconect Alkohol campur coke, lumayan sweeegeeerrrr...... Dingin lebiih nikmaaat Hehehehe



    • Joko Radipingit Dibuat kompres kepalae mbah aja,,biar gak kepanasan.....kalau kurang sklian kepala bawahnya.....



    • Ashof Barkhia Nyimak aja aaah...



    • Classickussi Puitissimistissi Sundeiseisi teu terang abdi mah. Mangga di lajeungkeun wae. . !



    • Aqil Fikri nyimak aja sambil nunggu sahabat saya Omar Abou Fahme



    • Agus Aja nyimak mbah



    • Amil Karim Waddoh, mbah zen nek nyindir alus temen yak...qiqiqi



    • Zainal Wong Wongan Pocong - bahan dasarnya apa ya cong?



    • Zainal Wong Wongan Pocong - di antara bahan dasar yg smpyn sebutkan itu, mana yg paling berpotensi mendapatkan Alcohol yg memabukkan? takon teyus poko'e




    • Dhiajeng Maulida Luthfiana Byuh...Mbah zen sampe berapi2.
      Smangat mbah. Geber teyus... Lanjuooooot...


    • Mayyit Edan kentut berpotensi sbg etanol pokoke.



    • Zainal Wong Wongan yo yit, mengko iso tutuk kono pembahasane, tunggu aja para Masyayihnya datang.



    • Mayyit Edan qiqiqiq....wis ntek udud 2 g teko2 masyayikhe.makane nyrobot mbah.
       

    • Sunan Jaga Kali melu ndodok,

    • Rivqi Van West Java nyemak...
      23 hours ago · Like



    • Cah Kroya he eh,sing alkohol neng parfium ku pie hukume mbah...




    • Zainal Wong Wongan Ayo Bib Rivqi, Punting lho iki, Kitmanul ,ilmi mal'unun.



    • Rasyid Rustantov parfum campur alkohol ki ben bakule bathi akeh, nek bibit parfum bisa satu tetes untuk 1 minggu



    • DeiaNira Alzeena nderek nyimak mbah2 yai..
      23 hours ago · Like



    • Ummu Zahro' Pangapunten telat mbah.. Hmmm..
      23 hours ago · Like




    • Maz Sadewo Ethanol bersifat racun, makanya kalau dibuat minuman bisa menyebabkan ngliyeng..
      Kalau methanol juga bersifat racun, menowo dibuat minuman marakne cepet matine... jare ne ngono...
      Iki opo yo tenan mbah? 23 hours ago · Like ·   2 people



    • DeiaNira Alzeena klo alkohol di make up gmn yo mbah..biasany penyegar wajah ad alkoholnya..klo sblm shlat pke penyegar ap shalatnya g sah
      23 hours ago · Like



    • Luzan Tigabelas Reconect Kg pocong : sy pernah penasaran minum parfum ga bikin mabuk tp agak mules perut dikit.... tp rasane sik enakan ciu timbang parfum.... Hehehehe
      23 hours ago · Like



    • Maz Sadewo Kalau mendem mergo mangan kecubung?
      23 hours ago · Like ·   1 person



    • Classickussi Puitissimistissi Sundeiseisi anu mas, di buat nya atau bahan dasar al kohol dari apa ?

      Butek, ga tau eung . . .


    • Cah Kroya berarti ke bawa sholat blh dong CONG,sm ky pembersih wajah dan make up ??



    • Zeki Emod Thea Rosul suka wewangian,,,klo sholat pake parfiyumh brrralkohol gmna ?



    • Sunan Jaga Kali

      cuma nambahin sj, alkohol ntu hasil dr fermentasi zat hidrokarbon melalui proses katabolisme melibakan bakteri anaerob, cnth saccaromieces sereviciae
      dgn persamaan reaksi
      c6h12o6 --> c2h5oh+ co2+ E,
      yo stau aku alkohol najis nang dzate jd yo ora kena dipake opomeneh diminum illa rubah dadi cuka dgn sendirinya, jd inget ngaji sapinah
      gege gigo



    • Zeki Emod Thea Atau biar wirid ga d ganggu nyamuk, pake lotion anti nyamuk... kyknya ada alQohoolnya juga !



    • Pengemis Makam njaluk sak botol gawe campuran menyan...




    • Sunan Jaga Kali eh ralat dudu bakteri tp jamur
      gagaga lali pelajaran SMA Kuwi
      gagaga



    • Ahmad Mikal q tau krungu alkohol parfum ga' oleh dinggo sholat..
      tapi enek maneh sing ngendiko, yo oleh2x bae...
      la sing paling aman iku melu sing endi mbah..?


    • Classickussi Puitissimistissi Sundeiseisi al kohol halal apa haram, cuma buat tameuh orok kang !
      23 hours ago · Like



    • Sunan Jaga Kali eike pernah mbaca tulisan bhw alkohol mrupakan pelarut organik yg melarutkan zat2 trtntu yg tdk bs dlarutkan dgn air, krn alkohol mempunyai gugus etil 'kalo gag salah' yg mempunya daya larut jauh lbh bgus dr air, makanya para produsen memakai alkohol sbg pelarut, dan eike pernah mbaca fatwa MUI kalo alkohol pd parfum dibolehkan. Wallahu a'lam
      23 hours ago · Like ·   1 person



    • Maz Sadewo Kecubung kan jenis buah (woh2 an), petik langsung makan. Jadi ya gak tau,terbuat dr alkohol atau tidak... Ntu hukumnya gimana, semisal mendem makan lotis/rujak kecubung?



    • Sunan Jaga Kali

      ‎@kang pocong- kynya pd poin ini eike gak stuju deh, alkohol diharamkan krn dzatnya yg najis (innamal khomru bla bla bla) kecuali alkohol yg tlah disdiakan alam dan trjadi scr alami spti alkohol pd duren dan tape, krn melalui proses xg alami maka halal,
      diharamkan krn dzatnya maka walaupun sdikit tetap hukumnya haram.
      mohon koreksi


    • Masyhudi Salsabila Kang Pocong tampaknya menguasai topik alkohol, melu ngopi, Kang... :)



    • Zainal Wong Wongan Sebaiknya kita bedakan dulu antara Khomr dn Alcohol. Apakah Khomr itu Alcohol? Monggo
      22 hours ago · Like



    • Maz Sadewo

      Coba sih belum, cuma pernah ada kasus di kampungku.
      1. Orang yg mendem kecubung, kelakuannya hampir persis orang mendem ciu. Mirip orang linglung, mlaku nggloyori, misal: tiang(cagak) omah di jogeti spt tayub dll
      2. Mendem jamur lethong yg digoreng campur telor, hampir sama kasus no.1, cuma mendem kecubung efeknya lebih lama(bisa 3 hari)
      3.mendem buah jarak, lain akibatnya. Mirip keracunan. Muntah2, lemes dst. 22 hours ago · Like ·   1 person



    • Ahmad Mikal kl mendem mayit haram nggak hukumnya..??
      22 hours ago · Like



    • Ludba Iyah Ikusan Pembahasan menarik.setia nyimak
      22 hours ago · Like



    • Luzan Tigabelas Reconect Maz Sadewo : tiang(cagak) omah di jogeti spt tayub..... itu mendhem opo kesurupan? Hahahahaaaaaa
      22 hours ago · Like ·   1 person



    • Zainal Wong Wongan gimana nieh? Jadi alcohol itu dlatiyahnya khomr?
      22 hours ago · Like



    • Sunan Jaga Kali embuh

      gagagagaga
      aku mikir khomer yo alkohol krn hasil permentasi *make p*
      gagagaga


    • Maz Sadewo Kang13:Nonton wong mendem ngono iku marakne iso kemekelen je... Tp yo mung di batin thok... Jgagagagaga



    • Luth Phawz Kesimpulannya mbah .....??




    • Ahmad Mikal tk kiro yo sing najis iku yo khomere..
      la nak alkohol iku kan bukan Khomer



    • Sunan Jaga Kali alkohol kan istilah anyar toh kang? Ora ono nang jaman nabi aran alkohol atawa etanol
      bid'ah kuwi
      gagagagaga


    • Zainal Wong Wongan piye iki?

      bedakah antara alkohol dg alkhomr?



    • Zainal Wong Wongan Kalau saya boleh berpendapat,
      alkhomr adalah cairan yg mengandung alkohol dn keberadaannya/di ciptakan untuk di minum. Mungkin ini yg di maksud "Kullu mai,in muskirin haromun"
      gimana?


    • Zainal Wong Wongan walah do ngorok malah! Wkwkwkwkwk



    • Rivqi Van West Java Khomer itu mengandung Al Kohol...



    • Rivqi Van West Java khomer muskir tapi Spirtus Muhlik....sbb alkoholnya lbh dr 90 %



    • Sunan Jaga Kali
      nah silogismenya bgini

      orang jelek mukanya mirip monyet
      sunan orang jelek
      natijah> sunan mirip monyet
      qt trapkan pd kasus ini
      khomer itu najis
      khomer mengandung mengandung alkohol
      alkohol> najis
      bs begini tdk?
      21 hours ago · Like ·   1 person



    • Zainal Wong Wongan Rivqi - spirtus najiskah?

      Pocong- berarti alkohol najis? 21 hours ago · Like



    • Heri Munajib
      Alkohol yang beredar di masyarakat secara umum itu alkohol 70% dan alkohol 90%, nah kalau alkohol 70% itu etanol nya 70%, airnya atau H2Onya 30 persen, kalau 90 % berarti etanolnya 90% airnya 10%, semakin tinggi kadar etanol maka akan cepat menguap dan akhirnya berubah menjadi air biasa saja, itulah mengapa ketika dokter mengusap bokong pasien yang mau di suntik itu menunggu bokonga kering dulu karena etanol yang ada pertamanya digunakan untuk membunuh bakteri, begitu kering tinggal airnya baru kita suntikkan, jadinya ya sifat haramnya sebentar karena begitu etanol menguap hanya air alias H2O saja yang ada, gimana tuh?! ini tinjauan kimiawi dan medis...
      21 hours ago · Like ·   2 people



    • Sunan Jaga Kali

      untk kasus rhum dan fla tdk mendaptkan legalitas halal dr mui loh, bs dicek dikemasannya,
      rhum mrupakan jenis ester yg mrupakan turunan dr alkohol.
      alkohol brubah ke bentuk lain krn kesengajaan > haram
      -safinatunnajah-
      wallahu a'lam



    • Heri Munajib rivanol itu kadar alkoholny amat sangat rendah, dan sekarang tidak disarankan untuk membersihkan luka, paling bagus pake povidone iodine atau betadine merk paling gampang...



    • Masyhudi Salsabila Pertnyaan simpel, alkohol, pure alkohol bila di minum memabukan ga? apapun jenisnya.. ? Kacamata fiqh alkohol itu najis karena memabukkan.. Kalo ga memabukkan berarti hilang ilatnya..



    • Mayyit Edan

      ngeten kadose...
      alkohol yg dinajiskan dalam fiqh itu yg giman???
      Semua alkoholkah?
      Alkohol yg diminum kah?
      Atau alkohol yg memabukkan saja.??
      Soale,stiap alkohol blm tentu memabukkan lho....



    • Sunan Jaga Kali

      pa dok yg jadi masalah adalah kalopun tinggal airnya tp andai qt meyakini bhw alkohol itu najis ini brarti bokong (wow) yg diolesi alkohol kalopun sdh menguap maka akan masuk kategori najis hukmiah, sama halnya bkas air kencing yg sdh mengering, maka qt diharuskan mengalirkan air di situ, lain kalo qt anggap itu sbg hukum doruri.
      tp akhire cuma embuuuh ora ngarti i i 


    • Mayyit Edan eh,wis dikupas gus mashudi.qiqiqiq.
      21 hours ago · Like



    • Heri Munajib alkohol itu kan etanol, begitu menguap dan gugus etanolnya habis, tinggal H2O murni, apakah masih najis?! karena kita juga kalau setiap melakukan tindakan selalu menunggu kering dulu, dengan asumsi begitu etanol dah menguap maka bakteri dan virus yang menempel mati... gimana tuh?! semakin murni alkohol semakin cepat pula menguap tinggal H20 saja
      21 hours ago · Like



    • Mayyit Edan benang abange wis ketarik.

      Tidak semua alkohol najis.


    • Zainal Wong Wongan Gimana kalo kita kembalikan awal pengharaman alkhomr, yg mana pada saat itu yg di maksud adalah perasan anggur dn gandum, masalahnya saya pernah baca khomr dr selain keduanya ada ulama yg mengatakan halal, kalo gk salah dr madlhab maliki.



    • Heri Munajib alkohol banyak golongan bisa metanol dan yang lain-lain, kalau yang dibuat minuman setahu saya etanol ada juga metanol cuma kadarnya tipis karena lebih memabukkan, dan cara membunuh bakteri ketika mau nyntik dan operasi adalah dengan alkohol, karena secara teori juga yang mampu membunuh bateri dan virus dengan merusak dinding sel mereka adalah kandungan etanol, kalau hanya air ga mungkin, dan kalai povidone iodine pun butuh agak lama untuk membunuh bakter, jadi gimana tuh?! apa dhorurot yah?
      21 hours ago · Like



    • Masyhudi Salsabila Heri munajib :: Mesti dibedakan antara menggunakan dam meminum.. Tidak setiap yg haram diminum haram juga di gunakan.. Kalo dalam tindakan kedokteran saya kira itu menggunakan..
      21 hours ago · Like ·   1 person



    • Kang As'ad waduh mbah...temane kok cocok nggeh, niki kulo mari ngrsiki printer ndamel Alkohol.......kulo nderek ndodok ten mriki nggeh?!!
      21 hours ago · Like



    • Sunan Jaga Kali

      dok bukanya metanol mrupakan racun kuat?
      kalo patokannya adalah 'mabuk' maka sy bs brdalih kalo minum whine tp tdk mabuk, halalkah?
      sy lbh meyakini kalo alkohol najis krn dzatnya, shg walau kadarmya rndah yo tetep najis.
      @mbah zain- pd dasarnya pmbuatan alkohol adlh fermentasi molekul organik, hidrokarbon jenis gula dan rantainya yg dfrmentasikan dgn kapang saccaromieces atw ragi, jadi ksimpulannya baik anggur, gandum, beras, boled mengandung gugus trsbut.
      jd? Makin bingung deh


    • Zainal Wong Wongan Masyhudi- jika alkohol itu Najis, berarti ketika mengenahi sesuatu, walaupun telah mengering kan tetap mutanajjis?



    • Masyhudi Salsabila Mbah Wong, yaaa.. tetapi tak berarti haram menggunakannya kan..



    • Ahmad Mikal khomer kui nak ora salah yo najis..



    • Zainal Wong Wongan qiqiqiqiq yo mesti, konteknya kan najis dn mutanajjis to?



    • Eko Febriyanto wah kalau saya pergi jumaatan pakai PARFUM WANGI-WANGIAN yg di dalamnya ada ALKOHOL, NAJIS APA GAK? atau dalam artian SHOLATNYA SAH GAK YA jika pakai Parfum yg ada akhohol?...he he he..



    • Ahmad Mikal keputusane piye mbah.. tak ntosi nyambi lungguh ndodok



    • Zainal Wong Wongan kalo untuk pengobatan paling ma'fu, dn jika di temukan lain alkohol yg punya kasiat sama, jadi gak ma'fu lagi.



    • Ahmad Mikal la parfum dengan campuran alkhol gimana mbah



    • Sunan Jaga Kali kalo gak salah pmbagian hukum itu ada yg > hajji, tahsini dan doruri
      nah dlm kdokteran msuk doruri kan? Jd ya memang alkohol 'wajib' dgunakan,
      ya akhirnya tetep, embuh lah keder


    • Zainal Wong Wongan durung2 sek, wong belum di ketahui apakah alkohol itu najis apa yg menyebabkan najis ketika tercampur dg zat cair yg lain.



    • Kang As'ad

      Usul Mbah....kalo kayak gini, kira2 masuk nggak???الشافعية قالوا : يعفى عن أمور...........(ومنها)اي من المعفوات المائعات النجسة التى تضاف إلى الأدوية والروائح العطرية لإصلاحها. فإنه يعفى عن القدر الذي به الإصلاح...
      الفقه على مذاهب الأربعة Juz 1 hlm 16 (Dar al-Kutub al-Ilmiyyah)



    • Sunan Jaga Kali fatwa Mui di acara halal trans, bhw parfum bralkohol boleh dpake sholat krn itu hny sbg pelarut alami krn ada bhn yg tdk bs larut dgn air.
      tapi lebih aman ya pake parfum non alkohol, atw kaya aku jarang make parfum.
      gagag gage


    • Zainal Wong Wongan haduh aku nganggo hp je, dadi akeh tahune. Piye di terjemah wae yo.



    • Ashof Barkhia Apakah yg memabukkan mesti najis ya?



    • Ahmad Mikal

      kl pendapat pribadi sy yang bukan sebagai alim ngalama'.
      yang najis itu adalah khomer, dan baru diketahui bahwa kandungan khomer itu terdapat beberapa persen alkoholnya...
      dalam kedokteran alkohol khomer adalah etanol,
      sedangkan alkohol yang digunakan untuk pengobatan adalah metanol, jd dzatiyahnya sama2x alkohol namun beda jenis..
      wah pora tambah mumet nek ngene..
      yang najis itukan khomer nya bukan alkoholnya...
      dilarang karena adalah minumane setan, dan karena setan suka mabuk yo di khawatirkan ikut2x kesetanan..
      la kalo alkohol diminum tidak akan menyebabkan kesetannan, namun langsung ke kuburan...



    • Abdullah Afif

      Berikut fatwa dari Habib 'Umar ibn Muhammad ibn Hafidh:
      Pertanyaan:
      ما حكم استخدام العطور التي تحتوي على كحول الإيثانول ؟
      وهل بالتركيب الكيميائى تصبح العطور من جنس الخمر؟
      وأيضا دليل نجاسة الخمر هو من الآية التي تصف الخمر والميسر بالرجس وأخذ منه معنى النجاسة، أليست النجاسة هنا نجاسة معنوية ؟
      Apa hukumnya menggunakan parfum, yang mengandung etanol?
      Apakah dengan komposisi kimia parfum menjadi khamr ?
      Lagi pula dalil kenajisan khamr adalah dari ayat yang mensifati khamr dan maisir dengan ar rijs, dan darinya diambil makna najis,
      (dengan demikian) bukanlah najis disini adalah najis maknawi ?
      ............


    • Sunan Jaga Kali ‎@pocong (wedi aku nang aranmu)- nah pagemana dgn minuman yg kadar alkoholnya kecil yg tdk mabuk jika tdk dminum org umum, najis kagak?



    • Masyhudi Salsabila Ashof :: Kalo benda cair iyaaa..



    • Zainal Wong Wongan wkwkwkwkwk aku trenyuh karo komene Mikal




    • Ahmad Mikal he3x.. ngarang tok mbah..
      piye keputusane, kulo entosi...


    • Kang As'ad Ulama' Mazhab Syafiiyyah berQoul.....teramsuk najis2 yg dimaafkan adalah cairan2 najis yg dicampurkan untuk campuran obat2an dan minyak wangi. cairan tsbt bisa dimaafkan dengan seukuran kebutuhan yg memang diperlukan dalam campuran yang seharusnya....kira2 gini trjemah bebasnya..




    • Sunan Jaga Kali yg memabukan tdk mesti najis contoh numpak kapal laut
      gagagag 21 hours ago · Like ·   1 person




    • Abdullah Afif Kawan, jawabannya tidak usah diterjemahkan ya ?
      ok ?



    • Sunan Jaga Kali kang as'ad- jempooool
      jd sdh ada benang merah bhw untk alat kdokteran dan wangi2n > ma'fu. Liyane najis
      piye?


    • Heri Munajib Mbah Zain, hpne kok ora tau di ngajekne sih?! dadine metune koyo tahu mbah... wkwkwkwkwkw



    • Adib Machrus rame jugaaaaa......




    • Abdullah Afif kang Heri Munajib
      Hp ne dipun ken mahos syahadat rumiyin, lajeng menawi dereng sunat, ken sunat rumiyin
      he he h


    • Zainal Wong Wongan Alhamdulillah ternyata ada 'Ulama yg murah meriah dalam menggunakan alkohol dalam hal2 tertentu.



    • Zainal Wong Wongan Rojo Kentir malah lagi muncul, kedarung otake konco keno oli.



    • Sunan Jaga Kali ‎-ngantuk, ngekepi bantal sambil liat dangdut di MNC-



    • Rivqi Van West Java Menurut Prof KH Sahal mahfudz...alkohol malah gak najis sama sekali....



    • Abdullah Afif

      Berikut jawaban dari beliau (Habib Umar bin Muhammad bin Hafidh).:
      ما احتوى من العطور على كحول الإيثانول فصار ذلك العطر مسكراً لو استعمله الإنسان فهو خمر لما صح في الحديث عنه صلى الله عليه وسلم: (كل مسكر خمر وكل خمر حرام)، 
      والمسكر إن كان سائلاً فهو نجس نجاسة ظاهرة وباطنة، وإذا جاء لفظ الرجس في القرآن فهو للنجاسة، فمهما لم يكن مانع من حملها على النوعين: الحسي والمعنوي حملت عليهما، وإلا فعلى ما يتأتى حمله عليها، ففي مثل الأنصاب والأزلام إنما يكون الحمل على النجاسة المعنوية، والميسر كذلك، ولكن الخمر يمكن حمل النجاسة على المعنيين فلا تصرف لواحد دون الآخر بغير دليل يدل على ذلك، فالأصل فيها العموم.
      ولذا قال أكثر علماء الملة من فقهاء الشريعة المطهرة إن الخمر والمائع المسكر نجس ظاهراً وباطناً، 
      وحينئذ يعلم أنه من حرص المؤمن على دينه أن يجتنب استعمال تلك العطور التي تتوفر فيها نسبة الإيثانول – الكحول- الذي به يكون ذهاب العقل والحس، وما أصابه منه فيغسله ولا يصلي فيه، 
      وللفقهاء نظرات حول هذه العطور القول باعتبار النسبة من أعدلها، ومنهم من اعتبر العفو في ذلك ومنهم من شدد في القطع بنجاسته على أي نسبة كان؛ والحريص على دينه مائل إلى الاحتياط خصوصاً فيما لا يضطر إليه، وبالله التوفيق.
      ............................

        http://www.alhabibomar.com/Fatwa.aspx?SectionID=5&RefID=115



    • Kang As'ad kalo yg ini jenengan kedah ndamel PC mbah Zain, Soale duuuoowoo banget fatwane!!



    • Kang As'ad Monggo engkang gadah Maktabah Syamilah dipun cek wonten....فتاوى دارالإفتاء المصرية juz 8 hlm 413



    • Zainal Wong Wongan asiiik aku melu Mbah Sahal wae!



    • Kang As'ad bahkan Imam Syaukani, Imam Shon'ani, dan Sayyid Hasan Shdiq Khan Ulama' India suaminya Ratu Bhopal menyatakan Bahwa Khomr itu tidak Najis..



    • Adib Machrus
      Coba tengok ke prusahaan khamr juga perusahaan chemical yang memproduksi alkohol (bahenol wa akhawatuha). Terdapat perbedaan mendasar mengenai proses pembuatan antara keduanya (yang dapat diketahui melalui bagan alir proses produksinya). Terbukti pula, meski senyawanya sama memakai BAHENOL, tetapi terdapat percampuran lain dalam khamr akibat fermentasi. Saya cenderung setuju dengan pendapat bahwa khamr dan senyawa bahenol tidak sama. Oleh sebab itu, alkohol yang terdapat dalam khamr sedikitpun tidak boleh digunakan untuk kedokteran, dan dihukumi najis, meskipun telah dilakukan pemisahan antara alkohol dan unsur khomrnya. jadi... untuk bahenol yang diproduksi khusus untuk pengobatan, dia tidak bercampur dengan najis yang terdapat dalam khamr, murni senyawa kimiawi. Tetapi, bahenol non khamr tetap haram dimnum, karena bersifat racun.



    • Irung Growong Asyik nemu jawaban murah tur indah



    • Kang As'ad Mas Pocong....Kita Tunggu komentar Mushohehnya dulu.....xixixixixixiixi



    • Kang As'ad

      Syaikh Muhammad Rasyid Ridlo menyatakan dalam Tafsir al-Manar menyatakan bahwa perasan adalah suci dalam madzhab Imam Abu Hanifah, dan termasuk dalam hal ini alkohol secara pasti, karena alkohol bukanlah Khomr....وان النبيذ طاهر عند أبى حنيفة وفيه الكحول قطعا ، وأن الكحول ليس خمرا ، وأن الأعطار الإفرنجية ليست كحولا ، وإنما يوجد فيها الكحول كما يوجد فى غيرها من المواد الطاهرة بالإجماع ، وأنه لا وجه .
      للقول بنجاستها حتى عند القائلين بنجاسة الخمر " انظر تفسير المنار- المجلد الرابع ص 505 ، 821 ، 866 "


    • Maz Sadewo Kiro2 yen tuku alkohol botolan nang apotek ono label "halal" utowo "najis" ra yo?



    • Adib Machrus
      Semua pendapat sudah terkumpul. Lagi pula, ini masalah cuma bikinannya mbah Wong2an, men rame.... Di atas, sudah dibahas segi fiqihnya. Di tengah, dari sisi kedokteran dan farmasi. Agak ke bawah, akibat yang ditimbulkan. Dan terakhir, langsung melihat proses pembuatannya. Mau dibahas model apa lagi? Kesimpulannya sudah jelas. Pertama, minuman beralkohol (khamr) dihukumi haram karena mengandung unsur yang dapat menyebabkan mabuk (lebih pas begini ketimbang pake "karena memabukkan"). Kedua, alkohol dalam minuman khamr tersebut, dihukumi haram pengunaannya karena telah bercampur dengan unsur "rijs" yang terdapat dalam khamr. Ketiga, alkohol murni yang diproduksi untuk pengobatan dihukumi jaiz alias halal sebagai obat luar. Keempat, alkohol boleh jadi diminum untuk tujuan bunuh diri yang diharamkan.
      20 hours ago · Like ·   7 people



    • Irung Growong Tuntas...... Sah. Dok...dok....dok..... Sidang ditutup



    • Kang As'ad Tasliiiiiiiiiiimmm..



    • Abdullah Afif
      Berikut fatwa dari Romo yai Sahal Mahfudh:

      Alkohol menurut ahli kesehatan adalah zat cair yang dihasilkan dari proses fermentasi atau diproduksi secara kimiawi, berwarna bening seperti air, mempunyai bau khusus, dan memiliki efek pati rasa atau mengurangi pengaruh syaraf tertentu (memabukkan) bila digunakan pada bagian tubuh secara berlebihan. Karena efek pati rasa itu alkohol memiliki potensi madlarat (negatif) yang tidak kecil bagi kehidupan manusia bila disalahgunakan, sekaligus manfaat yang sangat besar bila digunakan secara benar.
      ............................


    • Abdullah Afif

      Sisi madharat alkohol yang biasa kita tahu adalah manakala ia dijadikan unsur dasar minuman keras yang memabukkan. Karena memabukkan itu, para ulama sepakat bahwa alkohol najis hukumnya sehingga dengan sendirinya haram dikonsumsi.
      (Hal ini pernah dibahas dalam muktamar NU ke 23 di Solo, lihat Ahkam Al Fuqaha, 245). Dan karena alkohol najis, maka tidak boleh digunakan dalam ibadah-ibadah yang dalam pelaksanaannya membutuhkan kesucian.
      ...........................


    • Classickussi Puitissimistissi Sundeiseisi halal untk tidak di telan menjadikan mabuk.



    • Abdullah Afif
      Namun demikian, Syafi’’iyyah berpendapat bahwa campuran sedikit zat cair yang najis dalam hal ini alkohol terhadap obat-obatan atau minyak wangi untuk sekedar menjaga kebaikannya hukumnya ma’fu atau dimaafkan. Jadi, meskipun najis boleh digunakan untuk salat (Madzahib Al arba’ah, I, 15).

      ......................


    • Abdullah Afif
      Terlepas dari pendapat diatas, sebenarnya hukum alkohol masih menjadi perselisihan. Mereka sama-sama mendasarkan pendapatnya pada Al Quran surat Al Maidah, 90:

      يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
      Artinya:
      Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Karena itu jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan." (Q.S Al Ma'idah: 90) 
      .......................


    • Abdullah Afif

      Pendapat kedua itu juga ditegaskan lagi oleh Lembaga Fiqh Islam Dunia pada Muktamar ke delapan di Brunei Darussalam, (21 -27 Juni 193 atau 1 – 7 Muharram 1414 H) yang memutuskan bahwa alkohol hukumnya tidak najis. Hal ini berdasarkan pada kaidah fiqh “Al Ashlu fii al Syaai at thahaarah.” Alasannya sama karena kenajisan khamr dan semua yang memabukkan itu bersifat maknawi bukan hissi atau kenyataan.
      ............


    • Abdullah Afif
      Disamping sisi madharat, disadari maupun tidak sebenarnya kita telah banyak memanfaatkan alkohol yang memang penting itu. Dalam bidang kesehatan misalnya, alkohol biasanya digunakan untuk membersihkan luka, membunuh kuman penyakit, bius dan lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari alkohol dijumpai sebagi campuran minyak wangi atau makanan dan minuman baik sebagai pengawet ataupun unsur pengurai. Menurut keputusan lembaga fiqh Islam dunia, penggunaan alkohol untuk kepentingan semacam itu tidak termasuk khamr. Jadi, wangi yang menggunakan sedikit campuran dari alkohol atau makanan atau minuman ataupun obat yang dalam pembuatannya mengguanakan sedikit alkohol untuk menguraikan bahan-bahan yang tidak bisa diuraikan dengan air atau untuk sekedar mengawetkan, boleh dikonsumsi atau digunakan karena dirasa sulit untuk menghindarinya (li ‘umum al balwa). (Al-Fiqh Al islami: VII, 5264-5265).

      Sumber:
      Dialog Dengan Kiai Sahal Mahfudh (Solusi Prblematika Umat) halaman 31 - 33
      Wallaahu A'alam
      Pripun rencang-rencang ?
      Sepakat ?
      Utawi:
      Sepakat untuk tidak sepakat !!!!



    • Abdullah Afif
      Kalau yang ini fatwa dari mbah yai Ibn Utsaimin:

      هذه المسألة وهي نجاسة الخمر:
      إن أريد بالنجاسة النجاسة المعنوية، فإن العلماء مجمعون على ذلك، فإن الخمر نجس وخبيث، ومن أعمال الشيطان.
      وإن أريد بها النجاسة الحسية فإن المذاهب الأربعة وعامة الأمة على إنها نجسة، يحب التنزة منها وغسل ما أصابته من ثوب أو بدن، وذهب بعض أهل العلم إلى أنها ليست نجسة نجاسة حسية بل أن نجاستها معنوية عملية.
      Masalah kenajisan khamr
      Jika yang dikehendaki dengan najisnya khamr adalah najis maknawi, maka seluruh ulama sepakat akan hal itu.....
      Tapi jika yang dikehendaki adalah najis hissi, maka madzhab empat mengatakaqn bahwa khamr adalah najis, wajib dijauhi dan membasuh pakaian atau badan yang terkena khamr.
      Sebagian ahli ilmu berpendapat bahwa khamr bulkan merupakan najis hissi, melainkan najisnya adalah najis maknawi ....
      ................


    • Abdullah Afif
      فالذين قالوا: إنها نجسة نجاسة حسية ومعنوية، استدلوا بقوله تعالى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ * إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ}، والرجس هو النجس، لقوله تعالى: {قُلْ لا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّماً عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَماً مَسْفُوحاً أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ}، ولحديث أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم، أمر أبا طلحة أن ينادي إن الله ورسوله ينهيانكم عن لحوم الحمر الأهلية فإنها رجس، فالرجس في الآية والحديث بمعنى النجس نجاسة حسية، فكذلك هي في آية الخمر رجس نجس نجاسة حسية.

      وأما الذين قالوا بطهارة الخمر طهارة حسيّة، أي أن الخمر نجس نجاسة معنوية لا حسية، فقالوا: إن الله سبحانه وتعالى قيد في سورة المائدة ذلك الرجس بقوله: {رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ}، فهو رجس عملي وليس رجساً عينياً ذاتياً، بدليل أنه قال: {إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلامُ}، ومن المعلوم أن الميسر والأنصاب والأزلام ليست نجسة نجاسة حسية، فقرن هذه الأربعة: الخمر والميسر والأنصاب والأزلام في وصف واحد الأصل أن تتفق فيه، فإذا كانت الثلاثة نجاستها نجاسة معنوية، فكذلك الخمر نجاسته معنوية لأنه من عمل الشيطان.
      وقالوا أيضاً: إنه ثبت أنه لما نزل تحريم الخمر أراقها المسلمون في الأسواق، ولو كانت نجسة ما جازت إراقتها في الأسواق لأن تلويث الأسواق بالنجاسات محرم ولا يجوز.
      وقالوا أيضاً: إن الرسول صلى الله عليه وسلم، لما حرمت الخمر، لم يأمر بغسل الأواني منها ولو كانت نجسة لأمر بغسل الأواني منها كما أمر بغسلها من لحوم الحمر الأهلية حين حرمت.
      وقالوا أيضاً: قد ثبت في صحيح مسلم أن رجلاً أتى براوية من خمر إلى النبي صلى الله عليه وسلم فأهداها إليه، فقال الرسول عليه الصلاة والسلام: "أما علمت أنها قد حرمت؟" ثم سارّه رجلٌ -أي كلّم صاحب الراوية رجل بكلام سر- فقال: "ماذا قلت؟" قال: قلتُ: يبيعها، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: "إن الله إذا حرم شيئاً حرم ثمنه"، فأخذ الرجل بفم الراوية فأراق الخمر، ولم يأمره النبي صلى الله عليه وسلم بغسلها منه، ولا منعه من إراقتها هناك، قالوا: فهذا دليل على أن الخمر ليس نجساً نجاسةً حسيةً، ولو كانت حسية لأمره النبي صلى الله عليه وسلم بغسل الراوية ونهاه عن إراقتها هناك.
      وقالوا أيضاً، الأصل في الأشياء الطهارة حتى يوجد دليل بين يدل على النجاسة، وحيث لم يوجد دليل بيّن يدل على النجاسة، فإن الأصل أنه طاهر، لكنه خبيث من الناحية العملية المعنوية، ولا يلزم من تحريم الشيء أن يكون نجساً، ألا ترى أن السم حرامٌ وليس بنجس؟ فكل نجس حرام وليس كل حرام نجساً.
      وبناء على ذلك نقول في الكولونيا وشبهها: إنها ليست بنجسة لأن الخمر ذاته ليس بنجس على هذا القول الذي ذكرناه أدلته، فتكون الكولونيا وشبهها ليست بنجسة أيضاً، وإذا لم تكن نجسة فإنه لا يجب تطهير الثياب منها.
      ولكن يبقى النظر: هل يحرم استعمال الكولونيا كطيب يتطيب به الإنسان أو لا يحرم؟
      لننظر... يقول الله تعالى في الخمر: {فاجتنبوه}، وهذا الاجتناب مطلق لم يقل: "اجتنبوه شرباً" أو "استعمالاً" أو ما أشبه ذلك، فالله أمر أمراً مطلقاً بالاجتناب، فهل يشمل ذلك ما لو استعمله الإنسان كطيب أو نقول: إن الاجتناب المأمور به هو ما علل به الحكم وهو اجتناب شربه، لقوله تعالى: {إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ}، وهذه العلة لا تثبت فيما إذا استعمله الإنسان في غير الشرب.
      Monggo dipun terjemahaken piyambak.
      Kulo remadi auwrat nerjemahkene, puanjang koq.
      he he he



    • Adib Machrus alhamdulillah... mangkin lengkabek dan mangtabek!



    • Abdullah Afif
      ولكننا نقول إن الأحوط للإنسان أن يتجنبه حتى للتطيب، وأن يبتعد عنه لأن هذا أحوط وأبرأ للذمة، إلا أننا نرجع مرة ثانية إلى هذه الأطياب، هل النسبة التي تؤدي إلى الإسكار أو أنها نسبة قليلة لا تؤدي إلى الإسكار؟ لأنه إذا اختلط الخمر بشيء ثم لم يظهر له أثر ولو أكثر الإنسان منه، فإنه لا يوجب تحريم ذلك المخلوط به، لأنه لما لم يظهر له أثر لم يكن له حكم، إذ أن علة الحكم هي الموجبة له، فإذا فقدت العلة فقد الحكم، فإذا كان هذا الخلط لا يؤثر في المخلوط فإنه لا أثر لهذا الخلط، ويكون الشيء مباحاً، فالنسبة القليلة في الكولونيا وغيرها إذا كانت لا تؤدي إلى الإسكار ولو أكثر الإنسان مثلاً من شربه، فإنه ليس بخمر ولا يثبت له حكم الخمر، كما أنه لو سقطت قطرة من بول في ماء، ولم يتغير بها، فإنه يكون طاهراً، فكذلك إذا سقطت قطرة من خمر في شيء لم يتأثر بها، فإنه لا يكون خمراً، وقد نص على ذلك أهل العلم في باب حد المسكر.

      Akan tetapi kami berkata: "Sesungguhnya yang lebih hati-hati adalah menjauhinya, meskipun untuk wewangian.......dst ...dst....dst."



    • Abdullah Afif
      ولكني مع هذا لا أستعمل هذه الأطياب (الكولونيا) ولا أنهى عنها، إلا إذا أنه أصابني شيء من الجروح أو شبهها واحتجت إلى ذلك فإني أستعمله لأن الاشتباه يزول حكمه مع الحاجة إلى هذا الشيء المشتبه، فإن الحاجة أمر يدعو إلى الفعل، والاشتباه إنما يدعو إلى الترك على سبيل التورع والاحتياط، ولا ينبغي للإنسان أن يحرم نفسه شيئاً احتاج إليه وهو لم يجزم بمنعه وتحريمه، وقد ذكر أهل العلم هذه القاعدة بأن المشتبه إذا احتاج إليه فإنه يزول حكم الاشتباه، والله أعلم.

      Akan tetapi saya dengan pembahasan ini, tidak menggunakan rempah-rempah ini (cologne), tapi juga tidak melarangnya.
      Hanya saja ketika saya terluka dan membutuhkannya maka sayapun menggunakannya...dst ....dst ....dst 
      Sumber: http://www.islamway.com/?fatwa_id=12204&iw_a=view&iw_s=Fatawa
      Pripun rencang-rencang ??????



    • Abdullah Afif he he he he



    • Abdullah Afif
      Berikut tentang hukum kenajisan khamr.

      أجمع الأئمة على نجاسة الخمر إلا ما حكي عن داود أنه قال بطهارتها مع تحريمها
      Para Imam sepakat tentang kenajisan khamr, kecuali riwayat dari Dawud yang mengatakan sucinya khamr tapi haram.
      Sumber: Al Miizaan al Kubra juuz I halaman 113



    • Abdullah Afif
      Berikut argumentasi dari Imam Ibn Hajar mengenai kenajisan khamr:

      كخمر بسائر أنواعها وهي المتخذة من العنب، ونبيذ وهو المتخذ من غيره لأنه تعالى سماها رجسا وهو شرعا النجس ولا يلزم منه نجاسة ما بعدها في الآية، لأن النجس إما مجاز فيه والجمع بين الحقيقة والمجاز جائز وعلى امتناعه وهو ما عليه الأكثرون
      هو من عموم المجاز أو حقيقة لأنه يطلق أيضا على مطلق المستقذر واستعمال المشترك في معانيه جائز استغناء بالقرينة كما في الآية
      Sumber: Tuhfatul Muhtaaj juz I halaman 288-289



    • Abdullah Afif

      Berikut ulasannya sebagaimana dalam Hasyiyah Syarwani 'ala at Tuhfah:
      قوله: (كخمر بسائر أنواعها) عبارة النهاية خمرا كان وهو المشتد من عصير العنب ولو محترمة ومثلثة وباطن حبات عنقود أو غيره مما شأنه الاسكار وإن كان قليلا اه زاد المغني وهي أي المثلثة المغلي من ماء العنب حتى صار على الثلث والخمر مؤنثة وتذكيرها لغة ضعيفة وتلحقها التاء على قلة اه 
      قوله: (من غيره) أي كماء الزبيب ونحوه مغني 
      قوله: (لانه تعالى الخ) عبارة المغني والنهاية أما الخمر فلقوله تعالى * (إنما الخمر والميسر والانصاب والازلام رجس) * والرجس في عرف الشرع النجس الخ وأما النبيذ فبالقياس على الخمر مع التنفير عن المسكر اه
      قوله: (ولا يلزم الخ) عبارة المغني وصد عما عداها أي الخمر الاجماع فبقيت هي واستدل على نجاستها الشيخ أبو حامد بالاجماع وحمل على إجماع الصحابة ففي المجموع عن ربيعة شيخ مالك أنه ذهب إلى طهارتها ونقله بعضهم عن الحسن والليث اه
      قوله: (منه) أي من كون الرجس شرعا النجس وقال الكردي أي من تسميته تعالى الخمر رجسا اه
      قوله: (ما مجاز فيه) يعني أن الرجس فيما بعدها بمعنى القذر الذي تعاف عنه النفس مجاز كردي قوله: (جائز) أي عند الشافعي نهاية أي والمحققين
      قوله: (وعلى امتناعه) أي الجمع.
      قوله: (هو من عموم المجاز الخ) وهو استعمال اللفظ في معنى مجازي شامل للمعنى الوضعي وغيره كالمستقذر هنا الشامل للنجس وغيره
      Sumber: http://islamport.com/d/2/shf/1/23/1636.html
      Wallaahu A'alam
      Monggo dipun muthola'ah sareng-sareng !!!!




    • Unpredictible Boy U-neW's Ust Abdullah Afif, anda serius mbopong referensi dari link itu? saya lihat di akhir tulisannya begini..
      مجموع فتاوى و رسائل الشيخ محمد صالح العثيمين المجلد الحادي عشر - باب إزالة النجاسة.
      siapakah beliau ini?


    • Misbah Abduh Waduhhh,,,knp ngga sekalian fatwanya albani jg dicantumin,,,



    • Irung Growong Alhamdulillah makin komplit plit...plit. Kayak jamu galian kabel..... Top



    • DeiaNira Alzeena nderek nyimak maleh mbah2 yai..



    • Heri Munajib

      Sekedar tambahan, orang yang meminum alkohol ada 3 tahapan, ini dulu kuliah farmakologi dosen, sadar (tidak terpapar alkohol) 0% kadar alkohol dlm darah, setengah sadar (terpapar alkohol) 0-30% kadar alkohol dalam darah, Mabuk penuh >30% kadar dalam darah.
      Nah seringnya tindak kejahatan atau kekerasan atau tindakan nekat itu ketika kadar alkohol itu antara 0-30% dalam darah, karena dengan kadar segitu alkohol bersifat stimulansia yang kuat bagi syaraf, dan cenderung uncontrollod sehingga syaraf sangat tereksitasi sehingga sangat aktif pula, nah kalau sudah lebih dari 30% malah justru melemaskan karena syaraf yang sudah overeksitasi.
      Jadinya disinilah yang disebut kenapa minuman khamr atau beralkohol itu bahaya, ini bahasan dosen saya yang juga dekan FKl Unisma Malang. Prof Aris SpFK


    • Bvdzt Kvlr Dok, terus beda alkohol murni dan minuman beralkohol apa bedanya? apa memabukkan minum alkohol murni?



    • Heri Munajib Alkohol murni banget 100 % ga ada pak dhe, maksimal yang dihasilkan dari penyulingan adalah 94-96% setahuku, itupun cepat sekali menguap, teorinya kalau alkohol 100% baru dikeluarkan sedikit sudah langsung menguap jadi ga ada fungisnya kalau membunuh bakteri, dan alkohol murni ini campurannya hanya air, alias H2O tanpa ada yang lain.



    • Zainal Wong Wongan Jika saya boleh menyimpulkan, bhw Alkohol Khomr itu beda dg Alkohol yg lain, dg demikian Alkohol yg tidak bertujuan untuk di jadikan minuman sama dengan Alkohol yg tidak Najis. jadi, alkohol boleh dipergunakan untuk kemaslahatan, Tadawa dan tathoyyub. ok ok ok ok ok ok ok



    • Unpredictible Boy U-neW's kenapa khmr itu haram? karena punya potensi memabukkan. kalo tidak ditakutkan memabukkan tidak apa2. minum satu sloki bir gak memabukan gak apa2.



    • Unpredictible Boy U-neW's ‎^_^



    • Zainal Wong Wongan Unpred - Khomr itu najis, minum sedikit dan bayak bedanya cuma mabuk dan tidak.



    • Sunan Jaga Kali hidup boyyyy!!!!



    • Unpredictible Boy U-neW's

      najis itu istilah yg disematkan pada sesuatu yg disebut sebagai haram. karena sudah sekian lama mengakar pradigma demikian, kemudian sampailah pada istilah najis (terutama bagi orang Arab). asalnya suci. lha wong cukanya aja suci.
      najis ata...

    • Zainal Wong Wongan hehehehehehe Lha wong udah di kupas ada Najis Ma'nawi dan ada najis Hissy gitu kok. Tahi juga berasal dari sesuatu yg suci kok.



    • Azazilulhaq Rojim Nambah, bagaimana hukumnya bila tidak tahu termakan karena sampanye digunakan dalam coklat cake/ cheese cake? (Hiks,... sering banget lupa!). Lalu bolehkah mengunakan Rum kalau membuat roti karena diperkirakan alkoholnya sudah menguap?



    • Zainal Wong Wongan Baca Komen2 di atas, sudah ada jawaban kok



    • Azazilulhaq Rojim He he he,...



    • Sunan Jaga Kali baca komennnn di atassssssssssss teuuuuk



    • Azazilulhaq Rojim Sunaannnnnn,... Iya ini lagi dibaca, puanjangg banget! Gue tojok loe!



    • Sunan Jaga Kali makanyaaaa jangaaan terlambaaaat masuuuuk kelaaaaas, kelaaaas udahhhh bubaraaan baru ndongoool



    • Azazilulhaq Rojim hikss,.... mamaaaaaa, ditingalin suannnn juelekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!!!,



    • Zainal Wong Wongan qiqiqiqiqiqiqiqiiq di komunitas Wahahihi gak ada lho gaya beginian.



    • Zainal Wong Wongan eh Dok, takaran umum yg memabokkan itu berapa % alkohol?



    • Ashof Barkhia Biuuh... Sampek ketinggalan pirang episode iki..



    • Heri Munajib
      masing-masing orang ga sama mbah karena sensitvitas syaraf juga berbeda-beda, hanya saja pada orang yang sudah terbiasa mabuk, biasanya perlu dosis yang lebih tinggi supaya bisa benar benar mabuk, sebagai contoh ya orang biasa satu gelas bi...See More



    • Sunan Jaga Kali dok ngeriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii amattttt



    • Zainal Wong Wongan wualah benar kata quran "dan dosanya lebih besar daripada manpangatnya"



    • Heri Munajib mangkane ojok kakehan KUBAM...!!!



    • Omar Abou Fahme Anta YA Sayiid zaenal a'lamu minni...



    • Mohammad Harmas kubam ondor lak ra po2 to dok.. qiq..



    • Mayyit Edan ngopi diseekkk



    • Abdullah Afif

      kesimpulan sementara bagaimana nich ?
      (maksudnya pencampuran alkohol dalam parfum, makanan atau minuman)
      Bolehkah kita menggunakannya atau mengkonsumsinya ?
      Bisakah semua itu dikategorikan li'umuumil balwaa sebagaimana pengendikan Hadhratusy ...See More


    • Abdullah Afif
      ‎@Unpredictible Boy U-neW's

      Ust Abdullah Afif, anda serius mbopong referensi dari link itu? saya lihat di akhir tulisannya begini..
      مجموع فتاوى و رسائل الشيخ محمد صالح العثيمين المجلد الحادي عشر - باب إزالة النجاسة.
      ...See More



    • Abdullah Afif Kesmpulan sementara pripun niki mbah yai Zainal ?



    • Elita Repi alhamdulillah selesai juga nyimaknya....smg bermanfaat buat saya..aamiinn


    • Elita Repi lohhhh...bukannya sudah sampai bab kesimpulan ..???..apa belom???...ahhh..bagi saya sudah...skripsi selesai..besok bisa langsung mita jadwal ujian...



    • DeiaNira Alzeena mb elita ko br kelihatan..



    • Dessy Indra Rahmawati Padahal pgn ngerti lebih dlm. Tp krn penjelasan'y pake b. Arab, jadi weh ga bgtu paham.. Iks iks.. :'((



    • Zainal Wong Wongan Abdullah Afif - saya gak berani menyimpilkan, cuma saya memilih bhw Alkohol itu bukan Najis, yg Najis itu Hamr.




    • Pavkar Dukunov ‎@mbah wong:
      alkohol bukan najis, yang najis itu khamr..? lha berarti alkohol boleh diminum, kalau khamr gak boleh.. asiiiikkkkk...gega gega gagaga gegege...


    • Elita Repi pak pafkar sudah baca komen yang 191 itu belum,,,semuanya loh,,,beserta yg arab gundul itu,,???




    • Pavkar Dukunov ‎@elita:
      sebagian sudahh.. gega gega..


    • Elita Repi maka pertanyaannya adalah,,,keharoman khamr itu karena najisnya atau membuat mabuk? karena unsur2 yang membuatnya atau karena dampaknya??????,,,,,



    • Zainal Wong Wongan Pavkar - silahkan kalo mau minum, spirtus, bensin juga boleh. semua ini bahan2 yg memang tidak di buat dg tujuan di minum. beda dg Khomr



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      sekarang gini mbah, kan orang membuat alkohol itu sama dengan orang membuat khamr, misalnya gini: ada air tebu satu drum, saya fermentasi, saya saring, saya ambil sebagian hasil fermentasinya, lalu saya taruh di 2 ember: ember A dan ember B. lalu ember A saya tulisi: alkohol (karena memang secara kimia adalah larutan alkohol xx%), ember B saya tulisi:khamr (karena dia memang minuman khamr). apakah dengan demikian, dari zat yang sama itu mempunyai nilai kenajisan yang berbeda? yang ember A tidak najis karena saya namai alkohol, yang ember B najis karena saya namai khamr? hayooo.... gega gega...gegege


    • Pavkar Dukunov

      ‎@kang pocong goreng tepung:
      tlethong sapi itu bukan menjadi ethanol, itu salah. sebenarnya bukan hanya tlethong sapi, karena pada dasarnya, semua barang yang bisa membusuk, jika proses pembusukannya dilakukan oleh bakteri methan, maka dia akan menghasilkan gas methana, nah.. dari methana inilah yang kemudian diproses untuk menghasilkan derifatif alkanol/alkohol dalam bentuk methanol. jadi bukan ethanol. dan salah kaprahnya adalah bahwa alkohol seringkali diasosiasikan dengan ethanol. padahal buanyak sekali gugus alkohol..


    • Zainal Wong Wongan wes di bahas komplit neng nduwur, gegagegagerga




    • Pavkar Dukunov ‎:
      durung dibahas mbah.. hayoo pertanyaanku itu gimana? cairan dari satu drum yang sama. dipisah di 2 ember berbeda, dikasih 2 tulisan berbeda. mosok kenajisannya bisa menjadi berbeda..? hayoo.. piye jal? gega gega gega gagaga


    • Zainal Wong Wongan Yo mbalik di bahas maneh nek ngono, Aku mung taklid karo Mbah Sahal je.



    • Heri Munajib mbulet maneh... ya wes tak praktek ae...



    • Zainal Wong Wongan qiqiqiqiqiqiqiqiqiqiq Kang Pavkar lagi nulis tesis iki, entenonooooo



    • Luzan Tigabelas Reconect lebih mumet baca teori tentang proses & kandungan dlm alkohol , dibanding minum alkoholnya..... Bisa mabuk sblum minum... Hehehehe



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      innama l-khamru wa l-maisiru wa l-anshabu wa l-azlamu rijsun min ngamali syaithaan..
      nahh.., mengacu bunyi ayat itu, rijisnya adalah jelas-jelas min ngamali sy-syaithaan.
      :
      1- apakah ngamal itu? ngamal tentu saja bermakna fi'lul faa'il, sawaaun kaana zhahriyan au bathiniyan. jadi, jika dikembalikan ke ayat tersebut, yang dihukumi rijis adalah amalnya, bukan dzatnya.
      2- dalil keharaman dari ayat tersebut berada pada pen-shifatan 'rijis' sebagai khabar dari mubtada' khamr maisir dkk itu, yang mana disertakan bayan dari si khabar yang menerangkan sebab illat rijisnya, yaitu: min ngamali sy-syaithan. jadi jelas bahwa yang berhukum haram adalah "rijis mis ngamali syaithan", dan bukan karena dzatnya bersifat najasah.
      3- ada sebuah pertanyaan yang memperkuat hal itu, bahwa yang rijis adalah ngamalnya dan bukan dzatnya, begini: apakah peralatan maisir itu najis? misalnya mengundi nasib/berjudi menggunakan dadu/kartu.., apakah dadu/kartu itu menjadi najis karena adanya keharaman berjudi? tentu saja tidak, karena yang diharamkan adalah perbuatan berjudinya, bukan berarti kartu/dadu nya adalah najis.
      4- jadi, khamr alkohol (secara umum cairan memabukkan), kartu dan dadu, anak panah, sesajen.. itu bukan najis.., melainkan haram diamalkan. dan dalam hal khamr (cairan memabukkan), tentunya harus dipahami dalam konteks sebagai "haram meminumnya" dan bukan "haram digunakan dalam penggunaan yang lain" seperti: sterilisasi, bahan bakar, pembersih kaca dll itu..
      jadi, ya bolah boleh saja mencuci jarum bekam, mencuci pisau bekam, mencuci luka dll dengan khamr ataupun alkohol, bensin, solar, pertamax dll cairan memabukkan itu..
      :



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      topik selanjutnya: "membedakan antara haram dan najis"
      apakah setiap yang haram dimakan/diminum itu secara otomatis adalah berhukum najis?
      1- sesuatu yang najis pasti haram dimakan/diminum. contoh: kotoran, darah, air bernajis dll
      2- sesuatu yang haram dimakan/diminum belum tentu najis. contoh: beling, besi, panci, oli, bensin, spiritus.
      :



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      topik selanjutnya: "kullu muskirin khamr, wa kullu khamrin haram"
      sebagaimana kita ketahui, bahwa seluruh obat-obatan pada jaman modern sekarang ini adalah termasuk "muskirin", karena pada dasarnya, semuanya kandungan senyawa kimia dalam obat-obatan itu adalah bersifat poisonous, beracun. yang jika dikonsumsi melebihi dosis akan menyebabkan setidaknya satu dari hal-hal berikut: gangguan fungsi organ, kondisi mabuk/gangguan kesadaran, kerusakan syaraf, kematian.
      lalu apakah dengan berdalilkan "kullu muskirin khamr..." maka dengan demikian obat-obatan harus kita pandang menjadi sesuatu yang haram? ataukah bisa berlaku illat bahwa "penyembuhan penyakit" bisa menjadi 'udzur bagi dibolehkannya memakan/meminum obat?
      jika "penyembuhan penyakit" bisa dijadikan alasan bagi pembolehan obat-obatan kimiawi (yang pada dasarnya lebih memiliki sifat memabukkan/muskir daripada khamr), lalu kenapa khamr/alkohol tidak bisa dianggap sebagai "diperbolehkan" dalam penggunaan penyembuhan penyakit? ya, konsistensinya, jika obat-obatan kimiawi yang adalah "racun" itu boleh dikonsumsi dalam kasus pengobatan, tentu saja khamr/alkohol boleh juga digunakan dalam kasus pengobatan.
      gega gega gegege gagaga gagegage..



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      topik selanjutnya: "maa askara katsiiruhu, fa qaliiluhu khamrun (au haramun)"
      ada beberapa bahan makanan yang jika dikonsumsi wajar tidak menyebabkan apa-apa, namun jika dikonsumsi banyak (berlebih) akan menyebabkan: pusing, ngliyeng atau bahkan mabuk. contoh: umbi gadung, melinjo, udang kali, dan/atau yang semacamnya.
      nah, dalam kasus seperti ini, bagaimana? apakah "maa askara katsiiruhu, fa qaliiluhu haraam" itu bisa diterapkan? tentu saja adalah sulit diterapkan...



    • Pavkar Dukunov ‎:
      akhir kata: mohon maaf kepada para masyayikh yang mana alhabib umar bin hafizh dan lain-lain yang disebutkan oleh yai afif di atas. bahwa saya telah menyalahi fatwa2 beliau, semoga dijauhkan dari walat..


    • Zainal Wong Wongan lha terus piye iki? ^^^



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      ya intinya: alkohol itu ya masuk khamr, lha wong alkohol itu khash dan khamr itu ngam, gitu loh. jadi ya sama saja. haram diminum. kalau khamr najis, berarti alkohol juga najis. tapi miturut pendapat saya, sebagaimana paparan di atas, jadinya khamr itu yang rijis adalah ngamalnya, yaitu "meminumnya" dan dzatnya sendri bukan najis, termasuk alkohol ya bukan najis. gituh mbah.. gega gega gagaga gegege.., kopi pahit tanpa gula mbahh..


    • Mawan Agung Satriawan melu nguping...



    • Pavkar Dukunov

      ‎:
      topik selanjutnya:
      (paslun) - larutan alkohol dengan konsentrasi tertentu, misal: 70%, 90% (alkohol pabrikan), 5% (bir dan saudara-saudaranya), 15%~45% (wine, kahlua, wiski dan saudara-saudaranya).
      adalah suatu sifat yang alami bahwa larutan alkohol itu menguap, yang mana laju penguapannya adalah berbeda-beda antara jenis yang satu dengan jenis yang lain, tergantung pada: konsentrasi larutan dan kandungan bahan lain selain air yang terdapat dalam larutan, temperatur dan tekanan udara.
      ketika larutan alkohol dibiarkan terbuka ke udara luar, misalnya: dioleskan ke bokong suntikan. bisakah dianggap dan dihukumi bahwa alkoholnya menguap dan yang tinggal adalah air? sehingga hukumnya adalah sama dengan hukum air? tentu saja tidak bisa, karena menguapnya larutan alkohol tidaklah memungkinkan 100% alkoholnya menguap, karena selalu ada angka persentase volatilitas yang mana dalam angka konsentrasi tertentu, alkohol sudah sulit menguap lagi terkecuali dipanaskan dengan temperatur tertentu dan dalam jangka waktu delta t tertentu.
      nah, asumsinya:
      jika misalnya diasumsikan bahwa hukum alkohol adalah najis, maka penguapan pada bokong suntikan tidak bisa menghilangkan hukum kenajisannya. karena "zhan tidak bisa menghilangkan kepastian", hukum asumsi tidak menghilangkan adanya hukum pasti. dalam hal ini adanya alkohol dalam larutan adalah pasti, sedangkan apakah si alkohol sudah menguap, itu adalah zhanni, masih asumsi perkiraan. jadi alkohol hukumnya adalah tetap alkohol. lain kasusnya jika alkohol menjadi cuka, maka kepastian sifat alkohol telah tergantikan oleh kepastian sifat cuka.
      .




    • Sunan Jaga Kali jgerrr
      ktinggalan adoh



    • Sunan Jaga Kali ya ampyun dukun koq pinter amat yak?
      -ngeces-


    • Ludba Iyah Ikusan

      dr pemaparn yg sangt jels tersbt bs d simpulkn 1 hal dulu.
      Karna alkohl najis mk benda2 yg terkena alkohol mnjd mutanajjis.tertark dg kasus parfum yg jk tdk salh jg mengndng alkohl.jk mengacu pd pnjelsn kang Pavkar,mk baju yg d beri parfum mnjd najis.


    • Muhammad Yusuf Wuih ketinggalan jauh nih... Senyum Luna Maya memabukkan... Maaf yo mbah, intermezzo, lanjuut... Apik iki, tak copas mengko, jangan dihapus postingan ini mbah.... Haturnuhun pisan, oge ka sadayana wae...he he



    • Pavkar Dukunov

      ‎@kang pocong goreng tepung:
      bener kang.., ethanol itu membuat orang jadi mabuk, kalau methanol itu membuat orang hidup menjadi mati. gega gega gagaga... lha ini lagi.., bio-ethanol: intinya secara teknologi proses, segala macam ethanol di pasaran itu pada umumnya memang bio-ethanol, karena dihasilkan dari proses fermentasi (bio-kimia). nah.. ada lagi ethanol yang berasal bukan dari fermentasi bahan tumbuhan, yaitu ethanol yang dihasilkan dari derivasi senyawa ethana yang diproses secara fisika-kimia. makaten..:
      demikian juga methanol, yang berasal dari gas methan hasil proses pembusukan oleh bakteri methan biasa disebut bio-metanol, sedangkan yang derivasi dari gas methana hasil eksplorasi migas disebut methanol saja. 
      jadi.., ethanol itu memabukkan, methanol itu mematikan.



    • Cin Liong Zhang nupang Tanya.? Apa Gruob Akida sesat Wahabi uda D Tutup..?



    • Saiful Zidan
      wah telat nih,cukup ramai nih bab alcohol.... kita harus membedakan antara pengobatan dan ibadah, klo secara ibadah semua orang juga tahu klo alcohol itu haram diminum,setipa khomr itu haram,karena mengandung alcohol,tidak ada khomr yg bebas dari alcohol, walau khomr itu ditaro diwadah terbuka, thn 2010 kmrn 13 orang meninggal gara2 minum kukubima serbuk yang dicampur dengan etanol + anggur orang tua dan ditaro/diwadahi ember... tapi jika untuk pengobatan dibolehkan,seperti dokter heri bilang,pasien akan disuntik pasti diolesi alcohol lebih dahulu,untuk mengurangi bakteri virus yg membahayakan tubuh... saya kira bila dilihat dari praktek dokter, untuk mbah zain.. boleh2 saja mencuci alat bekam dengan alcohol tapi harus diingat jika mau ibadah ya wajib mencuci tangan yg terkena alcohol untuk menambah kekhusu'an dan sarat wajib suci dalam ibadah..



    • Wä Sèkrôh Zzëh nderek malih..............



    • Ludba Iyah Ikusan Agak kurang paham dg penjelsn om Pocong,gmn tu perbedaan anjng n babi?



    • Pavkar Dukunov

      ‎@kang pocong:
      najisnya kalau diminum..? hehe.. gini kang.., yang sebut dengan "najis", adalah suatu sifat kotor yang menyertai suatu benda baik itu secara dzatiyan ataupun ma'nawiyan. jadi bukan masalah meminum ataupun tidak meminum.., sila lihat topik diatas: membedakan haram dan najis. about an hour ago · Like




    • Pavkar Dukunov ‎:
      nah lebih tepatnya begitu, "haram kalau di minum" bukan "najis kalau diminum". disamakan dengan pembersih luka, karena sebelum ada pabrik alkohol, yang digunakan ya khamar itu



    • Coboy Gonjol andai sy seorang guru(agama) sy mewajibkan murid2 membaca posting ini. Skalian suruh catat. Atau bhkn wajib msk grup WLML. Hehe..
      Alhamdulillah. Haturnuhun ka sadayana !


    • Classickussi Puitissimistissi Sundeiseisi anggap aja kita sang muridnya, jadi gak di suruh guru lagi. Hemm



    • Mohammad Harmas kang pavkar: mau nambah pertanyaan neh.. sy pernah dengar ada org bs menetralkan alkohol dr khomr dg ilmu kanuragan, shg org tsb tdk mabuk wkt meminumnya, apakah penetralan spt ini hukumnya bs di samakan dg penguapan alkohol yg smpean jlaskan di atas?



    • Zainal Wong Wongan Pavkar - tolong ini nanti di awetkan di Dokumen ya Kang........



    • Pavkar Dukunov tidak ada netral-netralan. kepastian hukum (haramnya khamar) tidak bisa dihilangkan oleh ketersangkaan hilangnya illat (dinetralkannya kemabukan). khamr adalah khamr. mau mabuk, mau gak mabuk, pokoknya haram. titik. ngguyu sik: gega gega gegaga gagaga gegege..



    • Mohammad Harmas beh kerrreng...

      • Sang Jiwanmukto gigimu gigis



      • Adib Machrus penjelasan kang Pavkar semangkin menambah pemahaman dan memperkuat kesimpulan mengenai keharaman minum khamr, dan tak mengubah kesimpulan mengenai bolehnya pemanfaatannya untuk pengobatan, khususnya obat luar. Terkait pemanfaatan alkohol untuk lainnya, misal parfum, basuh alat, dll., masih khilaf: halal, makruh, haram tergantung kekhasan urgensi masing2.