Pencegahan terhadap varises

Posted in Senin, 20 Juni 2011
by Mbah Lalar




Varises seringkali terjadi pada orang yang sudah berumur, tetapi banyak juga orang muda yang terkena gangguan tersebut. Menurut "National Womens Health Information Center" (NWHIC), sekitar 50 persen orang yang berusia 50 tahun ke atas mengalami masalah pada pembuluh darah.

Varises terjadi karena katup yang memompa darah kembali ke jantung melemah. Sehingga, membuat pembuluh darah vena menonjol, dan menimbulkan varises. Kondisi tersebut bisa terjadi bukan hanya karena bertambahnya usia. Seperti dikutip dari veindirectory.org, faktor keturunan, gender (wanita lebih sering terkena varises), kehamilan, serta gaya hidup yang kurang sehat juga bisa memicu varises. Orang-orang yang suka duduk atau berdiri dalam waktu lama memiliki risiko tinggi terkena varises.

Gangguan pembuluh darah sebenarnya bisa dicegah. Caranya dengan berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Seperti latihan mengangkat kaki setinggi dada, berjalan, bersepeda dan berenang. Saat di kantor dan harus duduk atau berdiri dalam waktu lama lakukan peregangan pergelangan kaki secara berkala.
Cara di atas akan memompa darah keluar dari kaki Anda. Lakukan gerakan menarik dan meregangkan pergelangan kaki sebanyak 10 kali dan ulangi setiap 10 menit.Lalu, bagi yang memiliki risiko varises tinggi atau yang sudah terkena varises tahap awal, sebaiknya menggunakan stoking kaki yang ketat. Memakai stoking ketat dapat mencegah gumpalan darah di kaki. Hindari juga duduk dengan menyilangkan kaki karena menghambat sirkulasi darah.
Menjaga berat badan, juga kunci agar Anda terhindar dari varises. Hal itu karena dengan berat badan yang berlebihan, beban pada kaki menjadi lebih besar dan peredaran darah kurang lancar.